Syaratnya Adalah Bangkit Bekerja

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 28-29
Kisah Para Rasul 13:1-25

BACAAN HARI INI

Yesaya 60:1-22

RHEMA HARI INI

Yesaya 60:1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.

Seorang pria sangat kehausan di tengah hutan yang kering. Lalu tiba-tiba ia menemukan gubuk reyot yang di dalamnya terdapat sebuah sumur pompa. Di samping sumur tersebut, terdapat sebuah kendi penuh dengan air. Ketika pria tersebut ingin meminum air dalam kendi itu, ia tertegun dengan sebuah tulisan yang berkata, “Tuangkan air ini ke dalam pompa, Anda pasti bisa minum sepuasnya.” Pria itu pun bergumul keras. Apakah ia akan langsung meminum air dari kendi atau menuangkan airnya ke dalam pompa? Namun ia memilih menuruti instruksi untuk menuangkan air kendi ke dalam pompa. Ketika pria itu mulai memompa, air segar mengalir keluar dengan derasnya dan ia dapat minum sepuasnya.

Seperti air yang baru bisa mengalir ketika pria tersebut berani menuangkan air kendi ke pompa air, demikianlah juga hidup kita. Kalau kita ingin kemuliaan Tuhan dinyatakan atas hidup kita, kita harus berani bangkit untuk bekerja dan berkarya. Diam saja, pasrah pada nasib, dan menunggu kemuliaan Tuhan dinyatakan bukanlah pilihan sama sekali. Kemuliaan Tuhan tidak akan dinyatakan kepada orang yang malas dan tidak mau bergerak.

Hanya ketika kita bangkit bekerja dan berkarya secara nyata, serta memancarkan terang Tuhan yang sudah terbit atas kita, maka kemuliaan Tuhan akan nyata dalam hidup kita. Ya, untuk bangkit bekerja dan berkarya memang selalu ada risikonya. Akan tetapi, bukanlah lebih baik menjadi alat yang aus karena digunakan terus-menerus daripada menjadi alat yang karatan karena tidak pernah digunakan? Hari ini, apa pun tantangannya, pilihlah untuk bangkit bekerja dan berkarya, maka janji Tuhan bahwa kemuliaan-Nya akan dinyatakan atas hidup kita pasti akan digenapi-Nya!

RENUNGAN

Kalau kita mau TAHUN KEMULIAAN TUHAN dinyatakan atas hidup kita, kita harus BANGKIT BEKERJA dan BERKARYA.

APLIKASI

1. Mengapa Tuhan ingin kita bangkit bekerja dan berkarya?
2. Apa yang menjadi hambatan terbesar Anda untuk bangkit dan bekerja?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya kemuliaan Tuhan terjadi nyata atas keuangan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, bangkitkanlah kami dengan semangat yang baru untuk kami bekerja, berkarya, dan berjuang dengan segenap kekuatan kami. Kami percaya, ketika kami melakukan bagian kami dengan sungguh-sungguh, maka Engkau pun pasti melakukan bagian-Mu, yaitu menggenapi janji-Mu dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”