Taat Atau Tidak = Berkat Atau Kutuk

BACAAN HARI INI
Ulangan 11: 8-32

RHEMA HARI INI
Ulangan 11:27-28 berkat, apabila kamu mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; 28 dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.

Orang India mempunyai cerita tentang seekor tikus yang memiliki ketakutan luar biasa apabila melihat kucing. Karenanya, tikus ini pergi kepada seorang tukang sihir dan meminta tukang sihir mengubahnya menjadi seekor kucing. Sang tukang sihir mengatakan supaya si tikus tidak perlu minta macam-macam, syukuri saja apa yang Tuhan berikan. Namun si tikus tetap bersikeras ingin disihir menjadi kucing. Setelah tikus itu menjadi kucing, ia begitu ketakutan apabila bertemu dengan anjing. Ia pun kembali kepada sang tukang sihir dan minta disihir menjadi macan. Tetapi ketika ia sudah menjadi macan, ia bertemu dengan seorang pemburu dan timbul rasa takut yang luar biasa dalam dirinya. Ia gelisah, cemas, dan gemetaran. Lalu ia pergi lagi kepada tukang sihir minta supaya disihir menjadi seorang pemburu. Apa yang terjadi? Si tukang sihir menolak keinginannya dengan marah: “Cukup! Aku akan kembalikan kamu menjadi tikus!” Singkat cerita si tikus akhirnya diterkam oleh kucing.

Banyak diantara kita yang memiliki banyak keingianan ini dan itu. Jika kita menyadari, ketika kita berniat untuk melakukan hal-hal diluar kehendak Tuhan, sebenarnya Tuhan sudah memperingatkan, namun seringkali pula kita terus bersikukuh dengan apa yang kita mau. Akhirnya kita masuk dalam kutuk yang membuat hidup kita makin hari makin terjatuh. Pilihan semua ada pada kita masing-masing. Dengan menyerahkan hidup kita pada Tuhan sepenuhnya, sama artinya kita menghindarkan diri kita dari kutuk yang ada.

Dalam perjalanan hidup sehari-hari, kita selalu dihadapkan dengan berkat dan kutuk. Ada yang begitu terbelenggu dengan ucapan kutuk sehingga merasa hidupnya tidak akan bisa berubah lagi. Padahal Alkitab menegaskan bahwa kuasa apa pun tidak akan merampas berkat Tuhan, asal kita taat dan percaya. Maka mari kita jalankan hidup dengan ketaatan dan keyakinan bahwa kita senantiasa diberkati Tuhan.

RENUNGAN
Ketidaktaatan mendatangkan kutuk, KETAATAN MENDATANGKAN BERKAT.

APLIKASI
1. Komitmen apa yang akan Anda buat untuk memilih hidup dalam berkat Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ampuni kami karena seringkali kami tidak taat dengan apa yang Engkau mau, kami mau bangkit untuk belajar menjadi apa yang Engkau mau Tuhan sehingga hidup kami penuh dengan berkat surgawi. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ulangan 32-34
Mazmur 91