Tanda Bahwa Kita Adalah Orang Pilihan Allah

BACAAN HARI INI
Keluaran 2:1-10

RHEMA HARI INI
Keluaran 2:1-3 “1 Seorang laki-laki dari keluarga Lewi kawin dengan seorang perempuan Lewi; 2 lalu mengandunglah ia dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ketika dilihatnya, bahwa anak itu cantik, disembunyikannya tiga bulan lamanya. 3 Tetapi ia tidak dapat menyembunyikannya lebih lama lagi, sebab itu diambilnya sebuah peti pandan, dipakalnya dengan gala-gala dan ter, diletakkannya bayi itu di dalamnya dan ditaruhnya peti itu di tengah-tengah teberau di tepi sungai Nil;”

Hung Ba Le tidak pernah menyangka ada kesempatan baginya untuk membangun hidup baru di AS. Ketika berusia 5 tahun, kondisi negeri memaksa orang tuanya menghanyutkan Hung ke laut lepas, hingga akhirnya ia terdampar di Amerika. Perahu nelayan yang membawa mereka bersama sekitar 200 warga Vietnam lainnya terkatung-katung selama dua hari di Laut China Selatan sampai sebuah kapal perang AS menyelamatkan mereka. Di atas kapal itu sudah ada ratusan warga Vietnam lain, yang dikenal sebagai ”manusia perahu”. Si “Manusia Perahu”, demikian Hung dikenal, tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ia terima, 34 tahun kemudian ia kembali ke negerinya sebagai warga negara AS berdarah Vietnam pertama yang menjadi komandan kapal perang AS, USS Lassen.

Dalam kisah di atas, Hung Ba Le dihanyutkan ke laut lepas namun akhirnya dia menjadi orang pilihan dan menjadi warga negara AS berdarah Vietnam pertama yang menjadi komandan kapal perang AS. Musa adalah orang pilihan Allah yang dilahirkan pada masa sukar. Apabila dalam hidup anda, anda mengalami berbagai macam kesulitan dan penderitaan hidup (masa sukar), sadarilah jangan-jangan anda adalah orang pilihan yang sedang dipersiapkan oleh Tuhan untuk mengalami sesuatu yang sangat besar. Siapakah yang dimaksud orang-orang pilihan Allah? Orang-orang yang ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya? Semua orang! Ya, semua manusia. Hingga kini, Dia tidak berubah. Setiap kita dulu adalah manusia berdosa, yang hidup dalam dosa. Namun, kita diberi kesempatan kedua: diampuni, dipulihkan secara rohani, dan diberi hidup baru. Maka, yang penting sekarang adalah respons kita untuk setia menjalani hidup sesuai firman-Nya setiap hari. Kalau hari ini Anda sedang digempur dengan berbagai macam masalah dan persoalan, bersyukurlah, sebab itu salah satu tanda bahwa kita adalah orang pilihan Allah yang istimewa. Tuhan Yesus memberkati.(ABU)

RENUNGAN
Kalau hari ini Anda sedang digempur dengan berbagai macam masalah dan persoalan, bersyukurlah, sebab itu salah satu tanda bahwa kita adalah ORANG PILIHAN ALLAH yang istimewa!

APLIKASI
1. Apa yang sering anda rasakan atau lakukan ketika ada dalam suatu pergumulan yang berat dan sudahkan anda mempraktekan apa yang menjadi renungan hari ini sebagai ORANG PILIHAN ALLAH ?

DOA UNTUK HARI INI
Ampuni kami ya Bapa jika seringkali kami tidak bersyukur dengan segala yang terjadi dalam hidup kami. Hari ini kami makin disadarkan bahwa sebagai orang pilihan kami harus terus bersyukur dalam segala keadaan.
Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Raja-raja 4-6
1 Korintus 13