Tanggung Jawab Mengajar Firman

RHEMA HARI INI
Ulangan 6:7  haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Dalam sebuah acara Graduation sekolah kristen yang terkenal dengan program karakter building, Ada sambutan dari wakil orang tua murid, mengatakan hal ini. Bahwa sepertiga (8 jam) dari waktu anak-anak dalam sehari dihabiskan di sekolah, sepertiga (8 jam) yang lain untuk tidur, dan sepertiga (8 jam) sisanya baru digunakan di rumah. Kalau kita ingin mengajar anak kita seperti yang Tuhan inginkan (ulangan 6:7) bagaimana kita bisa melakukannya? Saat anak-anak pulang sekolah, sebagian besar orang tua belum pulang dari aktifitasnya, waktu mereka pulang kerja, hanya tersisa sedikit waktu, belum terhitung dengan anak-anak yang lebih suka bermain dengan gadgetnya, atau orang tua yang sibuk dengan berbagai urusan pribadi mereka, atau bahkan repot dengan jadwal pelayanan? sebelum akhirnya sama-sama tidur. Begitu terus terjadi setiap hari, orang tua murid mengharapkan sekali sekolah yang memiliki sepertiga waktu anak-anak mereka benar-benar dapat mengajarkan prinsip-prinsip hidup kekristenan pada murid-murid, mengajarkan dan menanamkan karakter Illahi dalam hidup murid-muridnya. Itu sebabnya sekolah kristen itu menjadi favorit bagi keluarga-keluarga yang mengerti Firman Tuhan.

Mengharapkan pihak ketiga (sekolah, gereja dan institusi yang lain) untuk mendidik anak-anak kita tidaklah salah, tetapi tanggung jawab terbesar ada pada orang tua, imam keluarga adalah orang tua. Mengajar yang efektif adalah memberi contoh, kalau orang tua rajin berdoa, tidaklah sulit mendorong anak-anak untuk berdoa, kalau orang tua hidup dekat dengan Tuhan, tidaklah sukar untuk mengajar anak-anak untuk hidup takut pada Tuhan. Waktu kita yang singkat berada dengan keluarga, harus kita maksimalkan untuk membawa keluarga kita menjadi keluarga yang sukses dimata Allah, Tuhan Yesus memberkati. (CG)

RENUNGAN
Kitalah yang paling bertanggung jawab mengajarkan Firman Tuhan kepada keluarga kita, bukan pihak yang lain.

APLIKASI
1. Apakah anda sudah mengajarkan Firman kepada keluarga Anda?
2. Apa yang akan anda lakukan supaya bisa mengajarkan Firman kepada keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, tolong kami untuk dapat mengajarkan Firman kepada keluarga kami. Jadikan kami teladan sebagai orangtua sehingga bisa membawa anak-anak kami kepada-Mu. Jadikan kami anak-anak berkat bagi orangtua kami sehingga mereka datang kepada Tuhan. Hadirlah dalam rumah tangga kami, persatukan kami sehingga kami dapat membangun kehidupan rohani yang kuat di dalam Engkau. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.