Tekad Yang Bulat

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 19 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Amsal 19:20-27

RHEMA HARI INI

Amsal 19:27 Hai anakku, jangan lagi mendengarkan didikan, kalau engkau menyimpang juga dari perkataan-perkataan yang memberi pengetahuan.

Ibu Hani adalah seorang pedagang nasi gudeg yang terkenal dan orangnya sederhana. Ia berasal dari keluarga petani di pinggiran suatu kota kecil yang terpencil. Pada masa mudanya, Bu Hani merantau ke kota ikut suaminya yang bekerja di kota itu.

Singkat cerita, suami Bu Hani meninggal dunia karena sakit dan meninggalkannya bersama tiga orang anak mereka yang masih kecil. Saat itu kondisi keuangan keluarganya menjadi sangat terpuruk. Bu Hani harus menggantikan suaminya sebagai tulang punggung untuk mencukupi kebutuhan ketiga anaknya. Namun, justru kondisi itulah yang menjadi titik balik kehidupannya. Jatuh bangun Bu Hani merintis usahanya dengan berjualan nasi gudeg keliling. Keahlian membuat gudeg diperolehnya saat masih remaja dengan membantu orangtuanya memasak. Hanya pengetahuan dan keahlian membuat gudeg itulah yang ia miliki. Namun tanpa menyerah Bu Hani terus memperjuangkan dagangannya supaya terus maju dan berkembang.

Tanpa terasa, 30 tahun sudah Bu Hani memperjuangkan kehidupannya dengan berjualan nasi gudeg dan menjadi terkenal sampai ke luar kota. Tekadnya yang bulat untuk bisa menghidupi ketiga anaknya berhasil. Bahkan ada anaknya yang mendapatkan beasiswa sekolah di luar negeri.

Kebanyakan orang hanya melihat keberhasilan seseorang saat ia berada pada titik kesuksesannya. Mereka tidak melihat bagaimana tekad yang bulat itu dibangun dari bawah sampai menjadi sebuah keberhasilan yang gilang-gemilang. Mari kita belajar dari Bu Hani yang berjuang dari nol. Yang meskipun tidak memiliki pendidikan yang tinggi dan dalam kondisi yang terpuruk, ia mampu bangkit, bergerak maju dan menjadi sukses.

RENUNGAN

Untuk mengubah diri, TEKAD YANG BULAT lebih penting daripada pengetahuan

APLIKASI

  1. Mari kita koreksi diri kita masing-masing, sudahkah Anda memiliki dan membangun tekad yang kuat untuk mengubah diri Anda menjadi lebih baik dan berhasil?
  2. Bangunlah tekad Anda untuk bisa menjadi berhasil dan menjadi berkat bagi orang-orang yang Anda kasihi!

DOA UNTUK HARI INI

“Penuhi kami dengan Hadirat-Mu Tuhan, penuhi kami dengan Roh-Mu ya Tuhan. Supaya kami mampu membangun tekad untuk bisa membangun sebuah keberhasilan untuk kemuliaan-Mu dan menjadi berkat bagi keluarga dan sesama. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ulangan 14-16