Temukan Rhema Dan Jadilah Kuat

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 4 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Yeremia 15:10-21

RHEMA HARI INI

Yeremia 15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataanMU, maka aku menikmatinya; FirmanMU itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab NamaMU telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Petrus baru saja turun dari perahunya, dan sedang membasuh jalanya di tepi pantai danau Genesaret, ketika Yesus masuk ke dalam perahunya, dan memintanya untuk menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Yesus pun mengajarkan Firman Allah dari atas perahu. Dan orang banyak pun mendengarkan Firman Allah yang disampaikan oleh Yesus, termasuk Petrus yang berada di dalam perahu. Dan ketika Yesus menyuruh Petrus untuk menebarkan jala kembali di tempat yang ditunjukkanNya, Petrus dengan gembira dan patuh mengikuti perintah Yesus. Petrus menangkap perintah Yesus untuk menebarkan jalanya kembali sebagai “rhema”. Dan hasilnya sungguh luar biasa. Petrus mendapatkan tangkapan ikan yang sangat banyak sehingga jalanya hampir koyak. Tentu saja hal ini membawa kegembiraan di hati Petrus dan teman-temannya karena sudah semalaman mereka tidak mendapat apa-apa.

Seperti itulah diri kita ketika kita mendengar dan menerima Firman Allah. Roh Kudus akan menuntun langkah kita melalui Firman Allah yang kita dengar. Firman Allah itu akan menjadi sumber sukacita kita. Dan sukacita itulah yang akan memberi kekuatan pada kita, untuk melakukan kehendak Allah dalam hidup kita, sehingga kita mengalami terobosan.

Ketika kita membaca Firman Allah dalam Alkitab, kita meminta pimpinan Roh Kudus untuk memberikan pewahyuan kepada kita atas setiap Firman Allah yang kita baca. Roh Kudus jugalah yang akan memberitahukan Firman manakah dalam Alkitab yang menjadi pegangan bagi kita untuk melangkah ke depan. Inilah yang disebut sebagai “rhema”. Rhema adalah Firman Allah yang diperkatakan oleh Roh Kudus ke dalam hati kita dan merupakan pewahyuan Tuhan secara pribadi dalam kehidupan kita.

Allah mempunyai rencana atas setiap anak-anakNya. Dan rencanaNya akan terwujud setelah kita mendengar dan melaksanakan “rhema” dari Roh Kudus. Marilah kita, sebagai anak-anak Allah, dengan setia merenungkan Firman Allah itu siang dan malam, sampai Roh Kudus memberikan rhema kepada kita, dan rhema itu menjadi sumber sukacita yang memperkuat diri kita, untuk melakukan rencana Allah dalam hidup kita.

RENUNGAN

Terus temukan Firman Allah yang MENJADI RHEMA bagi kita, maka manusia Allah di dalam diri kita akan SEMAKIN DIPERKUAT setiap hari.

APLIKASI

  1. Firman Allah manakah yang menjadi rhema dalam hidup Anda sekarang ini?
  2. Kekuatan dalam hal apakah yang Anda dapatkan ketika Anda sudah menemukan rhema Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau sudah menjadikan kami sebagai anak-anakMU. Bapa, mohon penuhilah kami dengan Roh KudusMU supaya kami tahu dan mampu melakukan apa yang menjadi rencana dan kehendakMU dalam hidup kami, dan NamaMU dipermuliakan di dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ezra 7-10