TERANG TUHAN YANG MENGUBAHKAN JALAN HIDUP KITA

BACAAN HARI INI

Yesaya 9:1-20

RHEMA HARI INI

Yesaya 9:1 Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.
Rena adalah seorang menantu yang baik dan menyayangi ibu mertuanya. Tapi sayang tidak demikian halnya yang dilihat oleh ibu mertuanya. Apapun yang dilakukan Rena selalu saja salah dimatanya. Bahkan tidak jarang Rena tidak dianggap sebagai menantu dirumah itu. Secara manusia Rena sakit hati dan kecewa dengan sikap dari ibu mertuanyanya. Sampai suatu kali Rena mendatangi salah satu konselor gereja kita dan konselor itu pun mendorong Rena untuk mengampuni, mendoakan bahkan senantiasa menabur kasih pada ibu mertuanya.

Awalnya tentu sulit dan tidak mudah melakukan semuanya itu, namun Rena terus berdoa dan minta kekuatan dari Tuhan. Setiap hari Rena terus menabur kasih, bahkan saat ibu mertuanya sakit, Rena dengan setia dan sabar merawatnya sampai sembuh. Tuhan pun menjamah hati ibu mertua Rena hingga ibu mertuanya disadarkan bahwa selama ini ia telah salah menilai Rena. Sejak saat itu hubungan mereka dipulihkan. Bahkan sekarang dimana pun ibu mertua Rena itu berada, ia selalu membangga-banggakan Rena sebagai menantu paling baik sedunia.

Mungkin ada diantara kita yang pernah merasa ditinggalkan, dilupakan atau dibenci seperti yang dialami Rena. Janganlah bersedih sebab ada berita baik dalam Yesaya 9:1, Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. Terang itu telah datang dan terbit atas kita, itulah janji Tuhan. Terang Tuhan datang untuk mengubah jalan hidup kita, menjadi kebanggaan abadi dan menjadi kegirangan turun-temurun (Yesaya 60:15). Orang tidak akan menyebut nama kita lagi dengan mengejek atau dijadikan contoh buruk, tapi nama kita akan di sebut sebagai kebanggaan. Dan anak cucu kita akan selalu mengenang teladan dan perbuatan baik yang telah kita lakukan di dalam Kristus. Ini saatnya terang Tuhan itu nyata atas setiap kita, tanggapi dan lihatlah Tuhan sendiri yang akan mengubahkan jalan hidup kita.

RENUNGAN

Mungkin tadinya kita ditinggalkan, dibenci, dan dilupakan, tetapi akan tiba saatnya TERANG TUHAN DATANG untuk MENGUBAH JALAN HIDUP kita.

APLIKASI

1. Apakah Anda pernah atau sedang mengalami ditinggalkan, dibenci dan dilupakan?
2. Maukah Anda bangkit menjadi pelaku firman supaya terang Tuhan datang dalam hidup Anda dan mengubah jalan hidup Anda?
3. Apa tindakan nyata Anda untuk melakukan firman Tuhan yang bisa Anda lakukan saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, sekalipun secara manusia apa yang kami lihat sangat mengecewakan, namun kami mau bangkit dan percaya kepada-Mu. Bahwa ketika kami melangkah dan melakukan firman-Mu, maka terang-Mu turun atas kami. Dan Engkau sendiri, Bapa, yang akan mengubahkan hidup kami seturut dengan rencana-Mu yang mulia. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!