Terpisah Dari Komunitas

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 16 November 2016

BACAAN HARI INI

1 Korintus 12 : 1-11

RHEMA HARI INI

1 Korintus 12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

Semut dikenal sebagai serangga yang hidupnya berkoloni atau berkelompok. Sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Dalam setiap koloni, semut-semut ini terbagi dalam berbagai peranan. Ratu semut untuk bereproduksi. Semut-semut pejantan untuk membuahi ratu semut. Kemudian, peranan para semut pekerja adalah untuk merawat ratu dan semut muda, menjaga sarang serta mencari makanan. Setiap peranan yang berbeda ini saling mendukung keberlangsungan hidup koloni mereka. Bisa kita bayangkan, kalau semut-semut itu bersama, mereka memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun, ketika semut itu terpisah dari kumpulannya, ia akan dengan mudah diserang oleh musuh.

Peranan seseorang terlihat seiring pertumbuhan rohaninya saat tertanam di gereja lokal. Benar, ke gereja saja tidak cukup, kita perlu membangun komunitas dengan lingkungan gereja kita, melalui komsel misalnya. Tuhan mau kita tinggal bersama saudara seiman, berada dalam kelompok sel, dan berakar di dalam gereja lokal. Kita perlu terlibat dan berfungsi bersama-sama keluarga rohani kita, sehingga dalam kesatuan itu, potensi besar bisa dimanifestasikan. Saat bersama-sama dalam kesatuan, Tuhan dapat memakai kita untuk melakukan perkara-perkara yang besar. Jika kita terpisah dari komunitas kita apalagi dari Tuhan, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Hidup kita akan menjadi kering dan sia-sia. Kita bahkan tidak bisa menggenapi rencana-Nya yang besar dalam hidup kita. Selain itu, kalau kita terpisah dari kelompok sel kita dan sendirian, maka mudah sekali bagi Iblis untuk menyerang kita.

Seperti anggota tubuh yang terdiri dari banyak anggota, tetapi masing-masing memiliki peranan tersendiri, tiap-tiap anggota tidak bisa berjalan tanpa anggota yang lainnya. Demikian juga halnya kita dalam komunitas dan dalam Tuhan. Potensi yang besar, fungsi yang luar biasa akan kita kerjakan dan peroleh. Akan tetapi, semuanya itu menjadi hilang ketika kita terpisah dari komunitas kita. Jangan sampai kita kehilangan potensi dan fungsi kita. Teruslah tertanam dan bertumbuh dalam komunitas di dalam Tuhan. (LEW)

RENUNGAN

Seperti dirham yang terhilang, kita dapat KEHILANGAN POTENSI dan FUNGSI kita KETIKA TERPISAH dari komunitas kita di dalam Tuhan.

APLIKASI

  1. Apakah Anda sudah tergabung dalam komsel atau komunitas rohani?
  2. Apa komitmen Anda untuk komunitas Anda saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, ajarkan kami selalu tertanam dengan baik di gereja kami, dan bertumbuh dalam komunitas kami. Berikan pertumbuhan untuk komunitas rohani kami, ya, Tuhan. Biarlah rencana-Mu yang besar Engkau genapi atas kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Samuel 13-14