12 Desember 2015 – Terus Menyala

BACAAN HARI INI

Imamat 6:8-13

RHEMA HARI INI

Imamat 6:12 Api yang di atas mezbah itu harus dijaga supaya terus menyala, jangan dibiarkan padam. Tiap-tiap pagi imam harus menaruh kayu di atas mezbah, mengatur korban bakaran di atasnya dan membakar segala lemak korban keselamatan di sana.

Di dunia ini ternyata ada beberapa tempat yang memiliki api abadi atau api yang tidak bisa padam. Salah satunya adalah Baba Gur di Iraq. Baba Gur ini ditemukan pertama kali tahun 1927 di tengah-tengah ladang minyak. Ladang minyaknya sendiri adalah yang paling besar di dunia saat itu, sebelum ditemukan ladang minyak Ghawar di Arab Saudi tahun 1948. Yang menarik perhatian traveler adalah, Baba Gur konon berusia 4.000 tahun! Seorang penulis Yunani kuno bernama Herodotus yang hidup tahun 484-425 sebelum Masehi menggambarkan tentang Baba Gur. Menurutnya, banyak orang percaya kalau api abadi tersebut sudah ada dalam Kitab Daniel di Perjanjian Lama. Dalam kisahnya, Raja Nebukadnezar yang hidup tahun 630-562 sebelum Masehi melemparkan tiga orang Yahudi karena menolak untuk menyembah berhala emasnya. Selain itu, ada juga kisah lain dari Baba Gur. Konon, api abadi tersebut sangat diagungkan oleh penduduk Kota Kirkuk pada zaman dulu. Para penggembala selalu membawa ternak mereka selama musim dingin ke sekitar Baba Gur untuk menghangatkannya. Sementara itu, para wanita yang mengunjungi Baba Gur bakal datang ke sana untuk mendapatkan bayi laki-laki.

Seperti api abadi yang tidak pernah padam, demikian jugalah seharusnya kita menjaga api Roh Kudus di dalam hidup kita supaya tidak padam. Bagaimana kita menjaganya ? Kita menjaga api Roh Kudus tetap menyala dalam hidup kita dengan membangun persekutuan pribadi dengan Tuhan secara konsisten.

Saat bangun pagi, ucapkanlah selamat pagi Roh Kudus, puji dan sembahlah Tuhan, bangun roh Anda dengan berbahasa Roh, lalu renungkanlah Firman-Nya. Saat itulah roh kita akan diterangi dengan kuasa Roh Kudus sehingga api Roh Kudus yang ada di dalam hidup kita terus menyala dan terpancar bagi kehidupan di sekeliling kita.

RENUNGAN

Api Roh Kudus dalam hidup kita HARUS DIJAGA supaya terus menyala.

APLIKASI

Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk menjaga api Roh Kudus terus menyala dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Allah Roh Kudus, kami perlu pengurapan-MU terus memenuhi hidup kami supaya api Roh Kudus di dalam hati kami senantiasa menyala sehingga kami bisa mempersembahkan hidup yang berkenan dan menyenangkan hati-MU.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 106-107