TETAP DAMAI SEJAHTERA WALAU DALAM LEMBAH KEKELAMAN

BACAAN HARI INI

Mazmur 23:1-6

RHEMA HARI INI

Mazmur 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Bingo adalah seekor anjing liar. Hari-harinya dihabiskannya dengan menyelusuri jalanan sebuah kota kecil di Amerika. Saat musim salju datang, Bingo sering kedinginan. Ia selalu berusaha mencari jembatan dan berlindung di bawahnya. Bingo tahu di bawah kolong jembatan, ia selalu dapat menemui segerombolan tunawisma yang berkumpul dan menyalakan api unggun untuk menghangatkan diri. Bingo pun mendekat ke api unggun tersebut bersama dengan banyak orang lainnya. Bagi Bingo, tempat teraman dan ternyaman baginya adalah berada di dekat api unggun. Tidak peduli sedingin apapun di luar sana, ia tahu ia akan aman dan tidak akan kedinginan bila berada dekat-dekat dengan api unggun.

Sama seperti api unggun yang merupakan sumber kehangatan di musim salju, jika kita mendekatinya saat keadaan sekitar sedang sangat dingin, maka kita akan mendapatkan kehangatan. Demikian pula nyala lampu merupakan sumber terang di tengah kegelapan. Saat hari semakin gelap, kita pasti menyalakan lampu karena kita tahu sumber cahaya itu membuat kita bisa melihat dengan jelas. Akan tetapi, baik api unggun ataupun lampu adalah sebuah sumber yang sifatnya sementara. Ketika kayu sudah habis, api unggun tidak lagi dapat menyala. Saat kawat pijarnya sudah putus atau saluran listrik yang terputus, maka lampu tidak lagi dapat menyinarkan terangnya.

Namun tidak demikian dengan Yesus. Dia adalah sebuah sumber yang sifatnya kekal. Yesus adalah sumber sukacita dan damai sejahtera yang sejati. Dari dulu, sekarang dan selamanya, tidak peduli situasi atau kondisi apapun yang sedang terjadi, Dia tetaplah Sang Sumber damai sejahtera dan sukacita yang tak berkesudahan. Sehingga saat kita memiliki Tuhan di dalam hati kita dan berhubungan dekat dengan-Nya, maka sekalipun kita berada di dalam lembah terkelam sekalipun, damai sejahtera dan sukacita pun akan selalu ada di dalam hati kita.

RENUNGAN

HUBUNGAN yang DEKAT dengan Tuhan membuat DAMAI SEJAHTERA di hati kita SELALU ADA, sekalipun kita sedang dalam LEMBAH KEKELAMAN.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan Sang Raja Damai?
2. Menurut Anda, mengapa terkadang Tuhan mengizinkan kekelaman terjadi dalam hidup Anda?
3. Apa yang seharusnya Anda lakukan jika Anda sedang berada dalam lembah kekelaman supaya Anda tetap bisa memiliki sukacita dan damai sejahtera?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terima kasih Engkau sudah lahir ke dunia ini dan membawa sukacita serta damai sejahtera yang sejati bagi kami semua. Kami mengundang Engkau untuk bersemayam di dalam hati setiap kami agar dalam segala keadaan, damai sejahtera dan sukacita yang dari pada-Mu boleh selalu ada di dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!