The Spirit Of Pioneer

Renungan Keluarga Allah
Senin, 10 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Yosua 14:6-15

RHEMA HARI INI

Yosua 14:12 Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.”

Pikirkanlah kisah Kaleb yang mendatangi Yosua dengan perkataan seperti ayat diatas, dalam situasi seperti ini: seorang pria tua yang terlupakan dan jarang dilibatkan, mendatangi seorang panglima pasukan Israel yang memiliki pengalaman perang jauh lebih banyak daripada sang pria tua. Namun dalam perjumpaan mereka itu, sang pria tua itu mendesak sang panglima pasukan untuk memberikan kepadanya wilayah yang paling sulit, paling besar, dan paling berbahaya untuk ia taklukkan. Bagi sebagian besar orang, permintaan sang pria tua ini akan terdengar menggelikan, terlalu muluk, seperti pungguk merindukan bulan. Namun Kaleb, sang pria tua yang gagah berani itu, meminta untuk bisa menaklukkan wilayah-wilayah yang paling sulit, karena ia memiliki ‘the spirit of pioneer’ atau roh pioner.

Berapa banyak orang yang memiliki ‘the spirit of pioneer’ awalnya juga menjadi bahan tertawaan karena visi, mimpi, dan ide-idenya? Lihat sepak terjang Bill Gates saat bercita-cita menghadirkan komputer personal ke rumah-rumah di seluruh dunia. Banyak orang yang menyangsikan impiannya. Sebab, saat itu komputer wujudnya memang masih sebesar almari. Tapi, zaman membuktikan, impian Bill Gates bukan sekadar lamunan di siang bolong. Kini, komputer dengan gampang dijumpai di mana-mana, di rumah, kantor, tempat umum, bahkan mewujud dalam genggaman tangan.

Orang-orang yang mengembangkan roh pioner memiliki kemampuan dan keberanian untuk memikirkan apa yang tidak dipikirkan oleh orang lain, dan melakukan apa yang tidak berani dilakukan oleh orang lain. Itulah sebabnya, mereka mengalami sukses yang luar biasa. Meskipun tidak banyak orang yang mau mengembangkan roh pioner di dalam dirinya, tetapi hari ini tidakkah kita tertantang untuk mengembangkan roh pioner itu sehingga melalui kesuksesan kita nama Tuhan dipermuliakan melalui hidup kita?

RENUNGAN

Orang-orang yang mengalami SUKSES LUAR BIASA adalah mereka yang mengembangkan ROH PIONEER di dalam dirinya!

APLIKASI

  1. Apa yang akan Anda lakukan untuk mengembangkan roh pioneer dalam diri Anda?
  2. Hambatan-hambatan apa yang selama ini Anda hadapi ketika mengembangkan roh pioneer dalam diri Anda? Apa yang Anda akan lakukan untuk mengatasinya?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa yang baik, kami bersyukur karena Engkau sudah memberikan Roh-MU yang tanpa batas di dalam hidup kami. Roh-Mu itulah yang akan memampukan kami memiliki roh pioneer sehingga hidup kami menjadi pemenang bahkan lebih daripada pemenang. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Bilangan 28-30