TIDAK ADA KEGELAPAN YANG KEKAL (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 4-6
Yohanes 6:1-21

BACAAN HARI INI
2 Korintus 4:1-6

RHEMA HARI INI
2 Korintus 4:6 Sebab Allah yang telah berfirman: “Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

Hanya dalam sekejap, kehidupan Maria yang awalnya biasa-biasa saja menjadi penuh pergumulan. Setelah menerima kasih karunia dan janji Tuhan, ia hampir kehilangan tunangan dan melepas semua impiannya. Ketika akan melahirkan Bayi Yesus pun, ia dan Yusuf tidak dapat menemukan tempat yang layak untuk bersalin. Bahkan, setelah melahirkan Bayi Yesus, ia harus menggunakan sebuah palungan sebagai buaian bayi. Jika kita renungkan, malam sebelum Natal memang menjadi malam yang sangat gelap. Dapat kita lihat dari perjuangan Maria dan Yusuf dalam perjalanan mereka mencari tempat untuk Maria melahirkan. Bagi gembala-gembala di padang yang sedang melakukan rutinitas pekerjaannya. Juga ketika orang Majus dari Timur yang hanya mengandalkan bintang timur dalam mencari Bayi Yesus.

Namun, saat kegelapan sudah sampai di puncaknya, LAHIRLAH YESUS KE DUNIA dan TERANG MULAI BERSINAR. Para gembala kembali menemukan harapan bahwa Tuhan masih ada saat ada malaikat yang menjumpai mereka. Orang-orang Majus pun menemukan dan melihat terang kebesaran Tuhan ketika melihat Bayi Yesus. Maria sendiri pun melihat bagaimana kegelapan yang telah ia alami berubah menjadi terang yang sangat besar. Bahkan terang tersebut juga sanggup menerangi dan membawa sukacita bagi para gembala dan orang-orang Majus yang datang. Sungguh luar biasa!

Pada awal tahun 2020, kita menerima janji Tuhan tentang tahun kemuliaan Tuhan. Namun, pada realitanya, janji itu justru membawa kita melewati kegelapan demi kegelapan. Akan tetapi, kegelapan itu memang harus ada, SUPAYA TERANG YANG DATANG SEMAKIN NYATA. Hari Natal menjadi bukti bahwa janji-Nya ya dan amin. Sepanjang apa pun kegelapan malam yang sedang kita lalui, pasti akan segera berubah menjadi pagi yang penuh dengan terang Kristus. Tuhan pun rindu agar terang itu tidak hanya terpancar bagi kita sendiri saja, tetapi juga sampai menerangi seluruh dunia.

RENUNGAN
Sepanjang apa pun kegelapan malam yang kita lalui, PASTI BERUBAH menjadi PAGI yang penuh dengan TERANG KRISTUS.

APLIKASI
1. Kegelapan apakah yang masih Anda rasakan sampai saat ini?
2. Percayakah Anda bahwa segelap apa pun keadaan Anda saat ini, semua itu akan digantikan dengan terang kemuliaan Tuhan?
3. Di malam Natal ini, apakah komitmen Anda untuk tetap bangkit menjadi terang bagi sekeliling Anda? Tuliskan!
DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, Engkaulah terang kami yang ajaib. Kegelapan boleh ada di sekeliling kami, tapi satu yang kami tahu, semua itu PASTI AKAN BERLALU. Karena janji-Mu ya dan amin, DAN TIDAK BISA DIGAGALKAN. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, supaya kami mampu tetap berharap dan teguh berdiri bersama-Mu, sampai terang dan kemuliaan yang semakin besar itu NYATA dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”