TINDAKAN YANG MENGHARGAI WAKTU

RHEMA HARI INI

Efesus 5:15-16 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Brian Tracy, seorang motivator pernah berkata, “Every minute you spend in planning, saves 10 minutes in execution.” Yang artinya setiap menit yang kita gunakan dalam perencanaan, akan menghemat 10 menit dalam pelaksanaan. Salah satu cara bijak dalam mengatur waktu adalah dengan membuat perencanaan. Perencanaan yang baik akan menghemat waktu dan tenaga. Sebaliknya tanpa perencanaan, maka bisa dipastikan kita akan membuang waktu yang kita miliki. Coba bayangkan jika seorang tukang pos tidak memiliki perencanaan yang baik dalam mengantarkan surat-suratnya. Pasti ia akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga dengan tidak efektif untuk berputar balik mencari alamat yang tidak di susun searah.

Sadar atau tidak, waktu adalah satu hal yang paling berharga dalam hidup kita. Kita mungkin dapat membuat lebih banyak uang, tetapi kita tidak dapat membuat lebih banyak waktu. Ketika bangun di pagi hari, Tuhan memberi kita sebuah hadiah yang indah, yang di sebut “hari ini”. Bersama dengan hadiah itu, datang pula tanggung jawab. Alkitab mengajarkan kepada kita untuk memperhatikan dengan seksama bagaimana kita hidup. Pergunakan waktu yang ada dan jangan sia-siakan waktu yang Tuhan telah berikan. Dengan tidak hidup sembarangan, namun lebih terarah, teratur dan menghargai setiap momen yang terjadi dalam hidup kita, menunjukkan bahwa kita telah menghargai waktu.

Ingatlah bahwa Tuhan telah memberi potensi dalam diri setiap kita, ada benih luar biasa yang tersimpan dan menunggu untuk kita tumbuhkan. Cari dan buatlah sebuah perencanaan yang tepat agar setiap waktu yang kita punya, tidak terbuang dengan sia-sia. Setiap kita dianugerahkan Tuhan jumlah waktu yang sama, 24 jam tiap harinya. Bijaksanalah dalam menggunakannya. Janganlah berpikir “masih ada hari esok”, tetapi berpikir bagaimana jika kita tidak bisa melihat esok hari. Maka kita akan terpacu melakukan yang terbaik dan belajar menggunakan waktu kita dengan lebih bijaksana, terlebih untuk keluarga kita. (Rdf)

RENUNGAN

MENGHARGAI WAKTU berarti kita TIDAK HIDUP SEMBARANGAN, tetapi lebih TERARAH, TERATUR, dan MENGHARGAI setiap momen dalam hidup kita.

APLIKASI

1. Bagaimana cara Anda selama ini dalam menggunakan waktu Anda? Sudahkah Anda menghargai waktu yang Tuhan berikan?
2. Apa arti hidup sembarangan bagi Anda?
3. Komitmen apa yang Anda ambil untuk dapat hidup lebih terarah, teratur dan menghargai setiap momen dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk waktu yang sudah Kau berikan dalam hidup kami. Setiap hari adalah berkat dari pada-Mu, sehingga kami rindu untuk menggunakannya sebaik mungkin. Roh Kudus, ajar kami untuk dapat hidup lebih terarah, teratur dan dapat menghargai setiap momen dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami telah berdoa. Amin”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!