Transformasi Keuangan Yang Radikal

Renungan Keluarga Allah
Senin, 06 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Matius 13:1-23

RHEMA HARI INI

Matius 13:23 Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.

Aldi adalah pengusaha muda sukses. Usahanya sudah memiliki cabang di beberapa tempat. Selama ini, Aldi tidak pernah dan tidak mau membuat kartu kredit, tetapi temannya membujuknya untuk menggunakan kartu kredit. Di awal penggunaannya, ia bisa membayar semua tagihan sesuai tanggal jatuh tempo. Namun, penggunaannya menjadi tidak terkontrol dan ia mulai terlambat dalam pembayaran. Tagihannya membengkak. Selain itu, usaha yang dirintisnya akhir-akhir ini tidak mencapai target. Tagihan dari supplier-suppliernya pun berdatangan. Akhirnya, Aldi terjebak utang-piutang. Satu demi satu cabang ditutup dan tinggal satu cabang yang tersisa. Dalam keputusasaan, Aldi diingatkan ibunya untuk memfokuskan hidup dan usahanya pada firman Tuhan. Kemudian Aldi membuat komitmen baru. Ia berdoa meminta ampun pada Tuhan dan meminta-Nya untuk mengubah pikirannya agar ia dapat menemukan tujuan Tuhan dalam berkat yang ia terima. Saat Aldi mulai taat, sedikit demi sedikit usahanya bangkit kembali. Hutangnya satu per satu mulai lunas, sampai akhirnya ia mengalami kemenangan dalam hal keuangan.

Mungkin saat ini kita juga mengalami seperti yang Aldi alami. Kita terjebak keadaan: utang-piutang, tagihan-tagihan, dan kebutuhan ekonomi yang terus meningkat. Pintu-pintu seolah tertutup, dan tidak ada seorang pun yang bisa membantu kita. Namun, ingatlah ada Satu Pribadi yang selalu siap membukakan pintu bagi setiap permasalahan dan pergumulan, termasuk masalah keuangan kita.

Saat Tuhan izinkan kita mengalami masalah keuangan, arahkanlah pikiran kita untuk meneliti dan mempelajari pola pikir keuangan yang benar yang diajarkan firman Tuhan. Kalau pola pikir kita salah, maka kita akan terus-menerus jatuh dalam berbagai macam masalah keuangan. Sebaliknya kalau pola pikir kita sesuai dengan firman Tuhan, maka kita akan terhindar dari berbagai macam masalah keuangan. Bahkan kita bisa membangun fondasi keuangan yang sehat, kokoh dan semakin lama semakin bertumbuh. Seberat apa pun kondisi keuangan kita sekarang ini, Tuhan bisa mengubahkan, memulihkan, dan bahkan memberkati. Tuhan bisa memperbesar kapasitas kita untuk diberkati dan menjadi berkat bagi kemuliaan nama Tuhan. (LEW)

RENUNGAN

Ketika kita mau mempelajari pola pikir keuangan SEPERTI YANG FIRMAN TUHAN AJARKAN, Tuhan akan MENTRANSFORMASIKAN KEUANGAN KITA SECARA RADIKAL

APLIKASI

  1. Apakah Anda saat ini sedang mengalami permasalahan keuangan?
  2. Bagaimana sikap Anda ketika mengalami masalah keuangan?
  3. Apa komitmen Anda supaya dapat mengalami transformasi keuangan yang radikal?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih Tuhan untuk masalah yang Engkau izinkan terjadi dalam hidup kami. Ubah pikiran kami seturut firman-Mu, agar kami bisa mengalami transformasi keuangan yang radikal. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Raja-raja 9-11