Tubuh Yang Mahal Harganya

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 09 Maret 2017

BACAAN HARI INI

1 Petrus 1:2-19

RHEMA HARI INI

1 Petrus 1:18-19 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Ada pepatah dunia yang mengatakan bahwa “Kesehatan itu tidak bisa dibeli dengan uang.” Orang boleh memiliki banyak harta kekayaan, tetapi jika ia sakit, di satu titik ia tidak bisa lagi memakai harta bendanya untuk membeli kesehatan. Hal itu dialami oleh seorang dokter muda bernama Dr. Richard Teo dari Singapura. Di usianya yang masih muda, ia sudah menjadi orang sukses yang kaya raya. Namun di tengah-tengah kesuksesannya itu, ia divonis kanker paru-paru stadium akhir. Para dokter pun angkat tangan terhadap penyakitnya. Benar-benar menunjukkan bahwa tubuh yang sehat itu sangat mahal harganya. Apalagi, Yesus pun sudah mematahkan setiap kutuk sakit-penyakit di atas kayu salib dan membayar dengan lunas tubuh kita dengan darah dan tubuh-Nya sendiri. Dapatkah Anda membayangkan betapa mahalnya tubuh yang sedang Anda kenakan saat ini?

Jika Anda memiliki sebuah mobil yang harganya ratusan juta, bagaimanakah cara Anda merawat dan memperlakukan mobil itu? Sudah tentu Anda akan sangat berhati-hati dan menjaganya dengan perhatian ekstra. Mengapa? Karena Anda SUNGGU-SUNGGUH MENYADARI bahwa mobil itu mahal. Jadi, jika sampai sekarang Anda masih sembarangan dan tidak sungguh-sungguh dalam merawat tubuh Anda, maka sesungguhnya Anda belum sepenuhnya menyadari bahwa TUBUH ANDA PUN MAHAL HARGANYA.

Mulai sekarang, saat Anda memaksa tubuh Anda bekerja ekstra, tidak pernah mengambil waktu untuk berolahraga, tidak menjaga pola makan, masih mengonsumsi hal-hal yang tidak benar seperti rokok atau alkohol, sesungguhnya Anda sedang menyia-nyiakan tubuh yang sangat mahal harganya. Ingatlah saat Yesus disesah dan oleh bilur-Nya tubuh Anda diberikan kesembuhan. Ingatlah saat tangan-Nya dipaku di kayu salib, di mana kutuk sakit-penyakit pun sudah dihancurkan bagi Anda. Ingatlah cara Tuhan membayar Anda dengan sah, maka Anda pun akan bisa menyadari dan memahami bahwa tubuh yang sehat adalah anugerah yang MAHAL, BERHARGA dan layak untuk mendapatkan perawatan yang benar.

RENUNGAN

Tuhan menebus tubuh kita dengan HARGA YANG MAHAL, karena itu RAWATLAH DENGAN BENAR

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda sungguh-sungguh menyadari bahwa Tuhan sudah membayar tubuh Anda dengan harga yang sangat mahal?
  2. Apa yang sudah Anda lakukan untuk menunjukkan hal itu?
  3. Apa saja yang dapat Anda lakukan supaya tubuh Anda semakin terjaga dengan baik?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih atas pengorbanan-Mu yang besar, sehingga kami memiliki kesehatan atas tubuh yang kami kenakan saat ini. Ajari kami untuk selalu menghargai pengorbanan-Mu dan berikan kami kekuatan supaya kami bisa terus menjaga tubuh kami ini dengan lebih baik. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Nahum