TUHAN BISA MEMBANGKITKAN API YANG HAMPIR PADAM

RHEMA HARI INI

Yesaya 42:3 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum.

Semalaman Dina hanya terpekur memandang keluar jendela kamar, posisi ternyaman baginya untuk berdialog dengan Tuhan. Hari ini tadi, orangtuanya kembali bertengkar soal pendapatan keluarga dan cicilan yang mengejar. Ia merasa tidak berguna sebab penghasilannya belum cukup untuk membantu mereka. Dalam hati Dina bertanya kepada Tuhan tentang realisasi janji-janji Tuhan yang pernah ia terima. Yaitu kehidupan yang lebih baik dan keluarga yang damai sukacita. Ia merasa begitu lelah, sehingga suara lirih dalam hatinya yang mengingatkan tentang kisah tokoh Alkitab yang biasanya memberinya semangat, kini ditentang oleh pikiran skeptisnya. Seperti kulit yang menebal, demikian ia menggambarkan hatinya yang mulai mengeras, dan api iman yang hanya seperti cuilan kecil arang dengan bara yang semakin meredup. Impiannya seakan kian terkubur.

Hal serupa dialami oleh Musa, ketika Tuhan memberinya visi yang besar atas hidupnya namun kenyataan berbanding terbalik. Ia yang tadinya pangeran Mesir, kini menjadi pelarian di Midian dan hidup sebagai penggembala domba. Rencana Tuhan nampaknya sudah kandas dalam hidup Musa. Akan tetapi Tuhan tidak membiarkan api dalam diri Musa padam. Dalam wujud nyala api yang keluar dari semak duri, Tuhan mengobarkan kembali api Musa yang sudah nyaris padam selama 40 tahun. Sehingga Musa bisa dipakai Tuhan dengan sangat luar biasa.

Semak duri adalah kekuatiran, tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal lain di luar Tuhan (Markus 4:19). Tuhan tahu ada semak duri dalam hati Musa dan juga hati kita, yang membuat api roh akhirnya terhimpit dan mati. Apa yang Tuhan lakukan pada Musa, juga Dia lakukan kepada setiap kita saat ini, sebab Dia begitu mengasihi kita dan tidak ingin api kita padam. Tak peduli sudah berapa lama api dalam diri kita sudah nyaris padam, Tuhan bisa membangkitkannya kembali. Terimalah api Tuhan yang dahsyat dan biarkan hati kita menyala berkobar kembali sampai semua rencana Tuhan dalam hidup kita tergenapi.

RENUNGAN

Tuhan bisa MEMBANGKITKAN api yang NYARIS PADAM sekalipun.

APLIKASI

1. Apakah saat ini Anda merasa api Anda sudah nyaris padam? Apakah penyebabnya?
2. Bagaimana api yang nyaris padam itu mempengaruhi kehidupan Anda?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil agar Tuhan bisa membangkitkan kembali api Anda yang nyaris padam?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami percaya saat ini Engkau sedang menghampiri kami secara khusus seperti Engkau menghampiri Musa. Untuk menyalakan kembali api kami yang sudah nyaris padam. Kami terima Tuhan, Api-Mu yang menghanguskan semua semak duri dalam hati kami. Api yang mengobarkan setiap kami untuk terus berjalan dalam rencana-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!