Tuhan Mau Bekerja Melalui Kita

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 25 November 2016

BACAAN HARI INI

Yesaya 61:1-4

RHEMA HARI INI

Yesaya 61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara

Tuhan bisa memakai siapa saja. Di mata-Nya, tidak ada yang layak atau tidak layak. Tuhan tidak mencari orang-orang yang pandai, rupawan, kaya, populer atau yang sempurna menurut standar dunia. Meski semua itu dapat menjadi faktor pendukung yang menguntungkan, tetapi seringkalinya, Tuhan mencari orang-orang biasa yang mungkin dipandang sebelah mata oleh sekelilingnya. Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya pun, Dia memilih orang-orang yang tidak biasanya. Bukan ahli Taurat atau orang farisi. Bukan orang-orang berpengaruh atau kaum terpelajar, yang terlatih dan terbiasa berbicara di depan khalayak umum. Malah nelayan, pemungut cukai, orang-orang dari golongan rakyat biasa, berkekurangan dalam hal karakter dan bahkan berdosa yang dipanggil-Nya. Ya, semenjak awal, Tuhan tidak pernah memilih seseorang berdasarkan kemampuannya. Sebab kuasa urapan-Nyalah yang akan memampukan siapa pun yang telah ditunjuk-Nya untuk melakukan kehendak-Nya.

Sampai saat ini, Tuhan masih mencari orang yang bisa dipakai-Nya untuk meneruskan pekerjaan-Nya menjamah jiwa-jiwa. Bukan hanya pendeta atau fulltimer saja, tetapi Tuhan juga rindu memakai kita, orang-orang biasa, untuk pekerjaan-Nya yang luar biasa. Perlu kita sadari, bahwa kita tidak dipanggil untuk bersinar. Kita dipanggil untuk merefleksikan sinar-Nya. Agar orang banyak melihat terang cahaya kasih-Nya yang memberi kehidupan melalui kita. Dan dengan demikian, mereka dapat menemukan kembali pengharapan serta menerima pemulihan atas hidup mereka.

Saudara, mulailah dengan memerhatikan sekeliling Anda. Mintalah kepada Tuhan untuk diberikan kepekaan terhadap suara Roh Kudus. Izinkan Tuhan memakai Anda untuk menolong, menyembuhkan, memulihkan, dan memberkati orang lain. Bukan suatu kebetulan Anda berada di tempat Anda yang sekarang ini. Bukan suatu kebetulan Anda bertemu dengan seseorang. Bukan tidak mungkin, ada sesuatu yang ingin Tuhan kerjakan dalam hidup mereka melalui Anda. Sekarang, yang perlu Anda lakukan hanyalah bersedia untuk dijadikan alat-Nya dan mulailah melangkah dalam ketaatan serta penyerahan diri sepenuhnya. (MV.L)

RENUNGAN

YESUS BERSEDIA untuk menjamah dan memulihkan jiwa-jiwa, demikian juga seharusnya KITA SEBAGAI TUBUH KRISTUS

APLIKASI

  1. Coba Anda ingat kembali ketika Anda mengalami jamahan dan pemulihan dari Tuhan, apa yang Anda rasakan saat itu?
  2. Pernahkah Anda menemukan orang-orang yang mengalami permasalahan yang sama dengan Anda saat itu? Apa yang Anda lakukan?
  3. Menurut Anda, apa yang Tuhan ingin agar Anda lakukan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, terima kasih untuk kasih-Mu yang memberikan kehidupan kepada kami. Kami juga mau, ya, Tuhan, untuk meneruskan kasih itu kepada orang-orang yang membutuhkannya. Beri kami kepekaan dan keteguhan untuk menjadi alat-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 121, 123-125, 128, 130