Tuhan Mau Kita Belajar Dari Kegagalan

BACAAN HARI INI
Mazmur 103:1-22

RHEMA HARI INI
Mazmur 103:3-4 Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,

Bila Sandra teringat akan kisah hidupnya, hanya ucapan syukur yang bisa ia naikkan. Suaminya dulu tak bisa lepas dari perselingkuhan, anak-anaknya hanya diberi kelimpahan materi daripada kasih sayang dan perhatian, hidup Sandra saat itu begitu kacau balau. Diawali dari Sandra yang melakukan kesalahan fatal. Karena tidak tahan hidup serba kekurangan, ia mengambil jalan pintas dengan menjadi seorang mucikari. Hasilnya memang luar biasa, tapi bayar harganya terlalu besar. Jurang kehancuran keluarganya sudah menganga di depan sana. Tapi saat Sandra mengangkat tangannya dan mengakui semua kesalahannya, kasih karunia dan anugerah Tuhan menyelamatkan dan memulihkan Sandra dan keluarganya. Tangan Tuhan yang kuat mencabutnya dari keadaan yang sudah begitu rumit. Memang Sandra tetap harus membayar harga dari kesalahannya, tapi tetap saja anugerah Tuhan jauh lebih melimpah dalam hidupnya.

Melakukan kesalahan adalah hal yang manusiawi, tapi yang perlu diingat, setelah tahu kita melakukan kesalahan, jangan berlari pula kearah yang salah. Larilah mendekat pada Kristus, jangan pada yang lain. Memang tidak mudah untuk mengakui kesalahan, tapi itulah awal pemulihan. Tuhan kita adalah Tuhan yang mengampuni SEGALA kesalahan kita. Yang menyembuhkan SEGALA penyakit kita, Dia yang menebus hidup kita dari lobang kubur dan yang memahkotai kita dengan kasih setia dan rahmat. Tuhan tidak pernah menyimpan kesalahan kita, Dia tidak akan pernah mengungkit-ungkit lagi. Bahkan sejauh timur dari barat, dijauhkannya pelanggaran kita (Mazmur 103:1-13). Jadi buang jauh-jauh takut dan ragu, hampiri Tuhan dan akui kesalahan kita, sebab Dia Allah yang berlimpah kasih setia.

Yang Tuhan mau dari kita adalah belajar dari kegagalan. Kesalahan membuat kita tahu apa yang benar. Kegagalan membuat kita belajar untuk lebih berhati-hati dalam membuat keputusan. Kita akan belajar berpikir jauh ke depan sebelum melangkah. Kegagalan yang kita alami sekarang akan membuat kita semakin mengerti cara untuk menjadi sukses. Dan pelajaran yang paling utama dan penting, jangan pernah abaikan tuntunan Tuhan, sertakan Dia dalam setiap keputusan. Maka penyertaan dan anugerah Tuhan yang melimpah akan mendukung dan menjadikan kesalahan yang terlanjur kita lakukan menjadi keajaiban.

RENUNGAN
Tuhan TIDAK PERNAH MENYIMPAN KESALAHAN kita, tetapi Dia mau kita BELAJAR DARI KEGAGALAN.

APLIKASI
1.    Bagaimana Anda memandang sebuah kegagalan? Apakah artinya bagi Anda?
2.    Jika ada kesalahan yang Anda lakukan, pelajaran apa yang bisa Anda ambil dari kesalahan tersebut?
3.    Berdoalah dan minta pada Tuhan, untuk membukakan apa yang salah dan perlu Anda perbaiki dalam hidup Anda saat ini.

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami sangat bersyukur punya Allah yang begitu pengasih dan panjang sabar. Tuhan, apapun kesalahan kami dahulu, kami meminta ampun dan kami menyesal. Bukakan hikmat dan pengertian dalam hati kami, agar kami bisa belajar dari kesalahan kami. Beri kami cara pandang yang baru supaya kami bisa menyikapi dan meresponi dengan benar kegagalan yang kami alami. Terima kasih Tuhan,di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.