Tuhan Membuat Segala Sesuatu Indah Pada Waktunya [REMAKA]

BACAAN HARI INI

Pengkhotbah 3:1-22

RHEMA HARI INI

Pengkhotbah 3:11a Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya

Ketika Susan Boyle tampil sebagai kontestan di Britain’s Got Talent episode 11 April 2009, dengungan cemooh penonton mulai terdengar. Berusia 47 tahun, rambut pendek keriting tanpa model, bertubuh gemuk dengan dagu berlipat dan alis super tebal, masih ditambah pula dengan baju yang sangat out of fashion atau ketinggalan jaman, Susan terlihat seolah tidak tahu diri dan terlalu berani untuk mengikuti ajang kontes terbesar di Inggris. Bahkan para juri pun menganggapnya sebelah mata dan mendengarkan Susan bernyanyi dengan setengah hati. Ia menyanyikan “I DREAMED A DREAM” dari Les Miserables. Seisi ruangan tiba-tiba terdiam. Terkesima dan terpukau. Tanpa kecuali, penonton dan ke 3 juri hanya bisa mengangakan mulutnya. Ternyata dibalik penampilan luar Susan yang ‘buruk’ tersimpan vocal yang luar biasa bening dan indah. Cibiran pun berganti menjadi mulut yang terbuka karena terperanjat.

Dari dulu Susan bermimpi menjadi seorang penyanyi profesional, tetapi ia menundanya dan memilih untuk mendedikasikan hidupnya untuk merawat ibunya yang sudah tua. Ia membatasi penampilan menyanyinya hanya di gereja sebagai anggota choir dan di karaoke. Susan mengikuti talent show ini untuk memenuhi pesan dan harapan ibunya yang meninggal 2 tahun yang lalu. Ibunya, Bridget, ingin Susan melakukan sesuatu dalam hidupnya. Walau mengalami penundaan puluhan tahun, Susan tak pernah menyesal dengan apa yang dilakukannya sebelumnya. Segala penderitaan dan penundaan membuat imannya semakin bertambah. Terbiasa dicemooh sejak masa kecil, bahkan sampai menjelang menyanyi di pentas Britain’s Got Talent, tidak mengurungkan niatnya untuk mewujudkan mimpinya. Dan Tuhan yang besar memang sanggup mewujudkan mimpinya menjadi indah pada waktu-Nya.
Sampai saat ini, mungkin sebagian dari kita belum bisa mengerti dan memahami, mengapa Tuhan ijinkan badai covid-19 ini terjadi dan membuat seluruh dunia dilanda kekelaman. Tapi sekalipun kita belum mengerti, tetaplah percaya bahwa rencana dan waktu Tuhan adalah yang terbaik. Apapun yang sedang terjadi dan kita hadapi saat ini, percayalah Tuhan akan membuat segala sesuatu indah pada waktu-Nya. Pelangi kemuliaan Tuhan telah menanti bagi mereka yang tetap setia dan percaya kepada-Nya. (PF)

RENUNGAN

Apa pun yang tengah terjadi sekarang ini, PERCAYALAH bahwa TUHAN membuat SEGALA SESUATU indah pada WAKTU-NYA

APLIKASI

  1. Apa yang nampak oleh Anda di masa-masa sekarang ini? Bisakah Anda melihat rencana Tuhan di baliknya?
  2. Menurut Anda, apa rencana Tuhan dengan kejadian sekarang ini bagi hidup Anda?
  3. Bagaimana cara Anda membangun iman bahwa Tuhan akan membuat segala sesuatu indah pada waktu-Nya?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami percaya tak ada rancangan-Mu yang buruk bagi kami. Sebaik dan sesempurna apapun rencana kami, biarlah hanya rencana-Mu yang jadi dalam hidup kami. Sebab kami percaya, itulah yang terbaik bagi kami dan Engkau akan menyatakannya di waktu yang paling tepat dan paling indah dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.