TUHAN MENJADIKAN KITA KUAT UNTUK MENGUATKAN ORANG LAIN

RHEMA HARI INI

1 Petrus 3:9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.

Kehidupan Leoni sebelum kenal Tuhan, penuh tanjakan dan turunan tajam bak sebuah sinetron. Sampai di titik terendah, Leoni akhirnya menyadari dan menanggapi panggilan Tuhan atas hidupnya. Seperti seekor kerbau di cocok hidungnya, Leoni tanpa berpikir panjang dan tanpa bantahan, mengikut tuntunan Roh Kudus. Meski sangat bertentangan dengan karakter, cara pandang, cara berpikir dan cara Leoni merespon setiap kejadian, namun oleh karya Roh Kudus, Leoni bisa dengan mulus mengikut jalan-jalan yang ditunjukkan oleh-Nya.

Bukan saja Leoni yang terheran jika mengenang masa lalu, tetapi keluarga dan teman-teman Leoni pun dalam hati merasa ada satu kekuatan lain yang bisa merubah Leoni sedemikian rupa. Hal ini baru diketahui Leoni saat ia berbincang dengan salah satu teman, yang dianggapnya sebagai mentor dalam pertobatannya. Temannya itu mengakui bahwa ia banyak belajar dari perubahan hidup Leoni. Leoni sendiri tidak menyangka, karena sebagai orang yang dianggapnya kakak rohani atau mentor, tentulah temannya itu mempunyai hidup yang jauh lebih baik dalam hal rohani. Lalu seorang teman yang lain juga bercerita bahwa ia dikuatkan karena melihat sendiri pergumulan Leoni. Jika Leoni bisa menghadapi dan memenangkannya, maka ia pun juga pasti bisa.

Ya, Tuhan tidak hanya berkehendak untuk memberkati kita sehingga kita menjadi kuat saja, tetapi juga agar kita menjadi berkat dengan menguatkan orang lain. Ketika kita sungguh-sungguh meresponi dan mau berjalan dalam tuntunan, maka Tuhan akan menjadikan kita makin lama makin kuat, sehingga kita menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Tanpa kita sadari, ada banyak mata yang melihat ketika proses itu terjadi. Tidak ada alasan bahwa kita tidak pandai bersaksi atau tidak pandai bicara, sebab kehidupan kitalah yang menjadi kesaksian akan karya Tuhan yang luar biasa. Oleh karena itu,hendaklah kita senantiasa melekat pada Sang Sumber Kekuatan. Meski kita merasa keadaan kita saat ini sedang lemah, jangan berhenti untuk menjadi berkat karena untuk itulah kita dipanggil. Justru saat kita menjadi berkat, kita akan menerima kekuatan yang lebih daripada yang sebelumnya. (PF)

RENUNGAN

Tuhan tidak hanya berkehendak untuk memberkati kita sehingga kita MENJADI KUAT, tetapi juga agar kita menjadi berkat dengan MENGUATKAN orang lain.

APLIKASI

1. Apakah kehendak Tuhan atas hidup Anda?
2. Kekuatan apa yang telah Anda terima dari Tuhan saat Anda dalam posisi lemah?
3. coba pikirkan, dengan cara bagaimana Anda bisa menjadi berkat dengan menguatkan orang lain?

DOA UNTUK HARI INI

Terimaksih ya Bapa untuk kekuatan yang Engkau berikan dalam hidup kami, kamu mau pakai kekuatan itu untuk menguatkan orang lain juga sehingga makin banyak orang dikuatkan dan namaMu dimuliakan. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!