Tuhan Yang Memulihkan

RHEMA HARI INI
Ayub 42:10 Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu.

Cali adalah sebuah kota di Kolombia yang merupakan pengekspor kokain terbesar di dunia. Setiap tahunnya Cali mengekspor 700 – 1.000 ton kokain ke Amerika Serikat. Tidak ada seorang pun yang berani menghalangi para pengedar kokain di kota itu. Setidaknya ada 15 jiwa yang terbunuh setiap harinya. Awal tahun 80-an, Cali merupakan kota paling korup di dunia. Gereja-gereja di sana terpecah belah dan seakan tidak peduli dengan keadaan kota itu. Suatu kali, Pdt. Julio Caesar dan Ruth Ruibal berdoa untuk pertobatan kota itu dan membagikan visi mereka kepada para pemimpin gereja yang lain. Meskipun mereka mengalami beberapa penolakan, namun mereka berhasil mengumpulkan para pemimpin gereja dari berbagai denominasi dan dengan setia melakukan doa puasa bagi Cali. Pada bulan Mei 1995 mereka menyewa sebuah aula dan sepakat untuk berdoa semalaman bagi Cali. Sungguh di luar dugaan, ada 25.000 orang yang hadir untuk berdoa bersama. Malam itu, Walikota Cali berkata, “Cali telah menjadi milik Yesus Kristus”. Empat puluh delapan jam kemudian, koran di Cali mengumumkan “Tidak Ada Pembunuhan di Cali”. Empat bulan kemudian 900 orang polisi yang terlibat dalam perdagangan narkotika dipecat dan diproses secara hukum. Ketujuh orang pemimpin pengedar narkotik ditangkap. Namun demikian, banyak harga yang harus dibayar untuk transformasi di Cali, salah satunya adalah terbunuhnya Pdt. Julio Caesar pada waktu ia sedang berpuasa. Tetapi, setelah itu lebih banyak pemimpin jemaat yang bergabung untuk berdoa bagi pemulihan Cali.

Indonesia pun membutuhkan transformasi dan pembaharuan. Transformasi sejati dapat terjadi jika umat Tuhan mau “merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah Tuhan, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat.” (2 Tawarikh 7:14). Karena itu, baiklah kita mulai dengan setia berdoa bagi pemulihan bangsa Indonesia, dan Allah akan “mendengar dari sorga dan mengampuni dosa kita, serta memulihkan negeri kita.”

RENUNGAN
Ketika kita berdoa dengan MERENDAHKAN DIRI, dalam KESATUAN dan PERTOBATAN, maka Tuhan akan mendengar dari Sorga, mengampuni dosa, serta MEMULIHKAN negeri kita.

APLIKASI
1. Uji diri, seberapa besar kerinduan Anda supaya Tuhan mengerjakan pemulihan atas bangsa kita ?

2. Dari renungan yang sudah kita baca, langkah nyata apa yang akan Anda lakukan supaya Tuhan mengadakan pemulihan bagi bangsa kita ?

DOA UNTUK HARI INI
Kami bersyukur Tuhan, Engkau Tuhan yang berkuasa mengadakan pemulihan, bahkan dalam keadaan yang paling buruk dan terpuruk sekalipun Engkau sanggup memulihkan, bahkan memulihkan 2x lipat, sebab Engkau Allah yang berkuasa diatas segalanya. Kami percaya pemulihan-MU akan nyata atas bangsa kami Indonesia. Amin!