Tuhan Yang Paling Tahu

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 08 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Kolose 1:15-23

RHEMA HARI INI

Kolose 1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Perjalanan hidup Pastor Jonatan Setiawan, wakil gembala sidang gereja kita Keluarga Allah, sungguh luar biasa. Sangat jelas terlihat beliau benar-benar hidup di dalam panggilan Tuhan. Namun siapa yang menduga jika beliau yang sering dipanggil dengan Pak Jo, pada awalnya tidak pernah berfikir untuk menjadi seorang hamba Tuhan. Impian beliau sejak kecil adalah menjadi seorang pengusaha sukses. Namun akhirnya beliau mendapatkan panggilan untuk menjadi seorang hamba Tuhan. Itupun tidak dengan begitu saja langsung bisa diterima oleh beliau. Ada masa-masa dimana Pak Jo bergumul sungguh-sungguh mendoakan panggilan itu, hingga akhirnya Pak Jo memutuskan untuk taat dan segera mengambil langkah iman dengan melanjutkan studinya ke Amerika untuk menjadi seorang hamba Tuhan. Dan buah dari ketaatan Pak Jo bisa dirasakan oleh banyak orang saat ini. Beliau benar-benar dipakai Tuhan menjadi seorang hamba Tuhan yang diurapi.

Tidak mudah memang untuk taat mengikuti apa yang Tuhan kehendaki jika itu bertentangan dengan keinginan dan cita-cita yang sedang Anda perjuangkan saat ini. Mungkin itu bertentangan dengan kenyataan yang Anda hadapi, atau bisa mengundang resiko yang cukup besar. Atau mungkin juga akan mempertaruhkan reputasi Anda. Bisa jadi juga seolah-olah kesuksesan Anda akan lambat terjadi jika Anda taat. Tetapi percayalah bahwa Tuhan adalah Pribadi yang paling dan sangat mengenal Anda. Sebelum Tuhan menciptakan Anda, terlebih dahulu Dia telah memikirkan untuk apa Anda diciptakan. Jadi, tidak ada satupun pribadi yang lebih mengerti tentang hal ini selain Pribadi yang menciptakan Anda, yaitu Tuhan sendiri.

Dengan pengertian itu, sekarang Anda pasti tahu kemana dan di mana Anda bisa menemukan petunjuk arah yang paling tepat atas tujuan hidup Anda. Jika Anda diciptakan untuk menjadi seorang dokter, hanya dengan menjadi seorang dokterlah hidup Anda akan menjadi paling maksimal. Jika Anda diciptakan Tuhan untuk menjadi pelayan Tuhan sepenuh waktu, hanya disanalah hidup Anda juga akan menjadi paling maksimal. Buanglah pemikiran bahwa hidup Anda akan lebih baik jika mengikuti apa yang Anda pikir paling baik, tetapi biarlah tuntunan dan apa kata Tuhan yang akan membawa Anda menjadi orang yang berhasil dan sukses.

Jangan takut untuk taat jika ketaatan hanya akan membawa Anda pada tujuan hidup yang jauh lebih besar. Percaya saja. Tuhan akan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadaNya. Itu janjiNya! Dan Anda akan tiba di suatu kehidupan yang benar-benar hidup, yaitu di dalam panggilan dan rencanaNya yang besar!

RENUNGAN

Tujuan hidup yang sejati hanya bisa kita temukan DARI TUHAN dan Firman-Nya.

APLIKASI

  1. Apakah Anda yakin bahwa apa yang sedang Anda kerjakan saat ini adalah benar-benar yang Tuhan inginkan dalam hidup Anda?
  2. Jika sudah, komitmen apakah yang Anda lakukan untuk menjaga dan terus mengerjakan panggilan itu?
  3. Jika belum, tuliskan langkah-langkah yang akan Anda lakukan supaya Anda benar-benar mengerjakan apa yang Tuhan mau dalam hidup Anda!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, terimakasih untuk rencana dan panggilan hidup yang besar yang Kau berikan dalam hidupku. Tuntun aku dan bentuklah aku supaya aku dapat menggenapinya dan menjadi orang yang berhasil seperti yang Kau mau. Didalam nama Tuhan Yesus, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Lukas 18