Ujian Hidup Yang Mendatangkan Kemuliaan

BACAAN HARI INI
Ibrani 12:1-17

RHEMA HARI INI
Ibrani 12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.

Dalam waktu dekat, Tony akan ikrar janji dan membina rumah tangga dengan Lina. Tony adalah seorang pemuda yang cinta dan takut akan Tuhan. Menjelang hari pernikahan, Tony mendapat kabar buruk. Perusahaan tempat Tony bekerja dinyatakan pailit, sehingga harus ditutup dan semua karyawannya termasuk Tony, kehilangan pekerjaan. Sampai sebulan ke depan, Tony masih belum mendapatkan pekerjaan. Keluarga Lina, terutama ayahnya, mulai mempersalahkan. Mereka tidak ingin Lina menikah dengan pengangguran.

Untunglah Lina tetap mendukung Tony, bersama bersatu hati, mereka kerap berdoa memohon kemurahan Tuhan. Mereka percaya, jika pernikahan ini adalah rencana Tuhan, Dia pasti akan buka jalan. Tony pun tetap rajin melayani dengan sepenuh hati. Suatu kali, saat hendak pelayanan di sebuah panti asuhan, bagian konsumsi mengalami kesulitan karena juru masaknya mendadak sakit. Tony lalu menawarkan diri untuk membantu memasak, tanpa diduga, hasil masakan Tony rasanya sangat enak. Tony akhirnya mencoba membuka depot. Dibantu dengan Lina dan beberapa tenaga kerja, depot Tony berjalan lancar. Kini Tony sudah menikah dan diberkati dengan beberapa gerai depot makanan.

Menjadi anak Tuhan bukan berarti kita luput dari ujian hidup. Ayub pun yang begitu digadang-gadang Tuhan, masih harus menjalani ujian untuk membuktikan dirinya memang pantas diberkati dengan begitu melimpah. Adalah suatu pemikiran yang salah jika kita rajin ke gereja agar diberkati, agar bisnis kita sukses dan beroleh hidup berkelimpahan?! Ingatlah, iblis sangat pandai membelokkan motivasi, jika kita tidak waspada, cinta kepada Tuhan bisa tergantikan dengan cinta uang atau mamon. Anggaplah sebagai suatu kebahagiaan bila kita sedang jatuh dalam berbagai pencobaan (Yakobus 1:2) sebab dengan itu kita bisa membuktikan apakah diri kita pantas menerima berkat Allah yang besar itu.

RENUNGAN
Menjadi ANAK KEBANGGAAN Tuhan TIDAK BERARTI LUPUT dari yang namanya UJIAN HIDUP.

APLIKASI
1.    Bagaimanakah perjalanan hidup Anda sebagai anak-anak Tuhan?
2.    Bagaimana Anda menyikapi berbagai masalah yang datang selama ini?
3.    Dengan cara bagaimana Anda bisa bangkit dan menjadi terang saat badai pencobaan menerpa Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Bapa, kami yakin semua ujian hidup yang kami alami ini tidaklah melebihi kemampuan kami. Justru inilah saatnya kami bangkit dan membuktikan kasih dan setia kami kepada-Mu. Berkati kami dengan iman yang teguh. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.