Ukuran Iman Menentukan Jenis Kehidupan

BACAAN HARI INI
2 Petrus 1:3-15

RHEMA HARI INI
2 Petrus 1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,

Rasul Petrus dan para jemaat mula-mula memberikan keteladanan tentang iman bagi kita. Anugerah iman yang sudah mereka peroleh dengan cuma-cuma itu tidak lantas membuat para rasul berhenti, selesai dengan keselamatan yang sudah mereka terima. Tetapi justru dengan iman itu mereka menjadi semakin keras berjuang dengan luar biasa untuk setia dan terus menumbuhkan serta menghidupi iman mereka, jauh melebihi ketika mereka belum menerima anugerah itu.

Di dalam 2 Petrus 1 dinyatakan bahwa setiap orang percaya harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan iman dengan berbagai sifat-sifat rohani. Iman adalah dasar pengharapan yang harus ditumbuhkan. Iman harus terus dikembangkan supaya menjadi besar. Bisa saja sebuah iman pada mulanya hanya sebesar biji sesawi, namun bila ia hidup dan bertumbuh, maka iman itu akan berubah menjadi sebuah pohon yang besar.

Bagaikan sebuah cetakan, iman memiliki berbagai ukuran. Seberapa besar ukuran cetakan itu akan menentukan seberapa besar kuasa Tuhan yang dinyatakan melalui hidup kita. Karena itulah ukuran iman bisa menentukan jenis kehidupan kita. Maka pastikanlah Anda memiliki cetakan iman dengan ukuran yang besar. Pastikanlah supaya iman Anda terus bertumbuh dan membesar. Berusahalah dengan sungguh-sungguh agar iman Anda semakin besar supaya iman Anda bukan hanya meletup-letup, tetapi meledak-ledak dengan dahsyat dan mujizat-mujizat yang superbesar terjadi dalam hidup Anda.

RENUNGAN
Jenis iman kita adalah CETAKAN yang menentukan jenis kehidupan kita.

APLIKASI
1.    Selama ini, apakah Anda termasuk orang yang hidup dalam kenyataan atau hidup oleh iman?
2.    Adakah hal yang Anda imani namun belum terjadi sekarang? Soal apakah itu?
3.    Bagaimana cara Anda mempertahankan iman Anda bahkan memperbesarnya?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami ingin mempunyai iman seperti Abraham. Yang walaupun belum melihat namun berani percaya, walaupun tidak mempunyai dasar tapi berani berharap. Beri kami iman seperti Abraham, Bapa, sebab kami percaya rencana-Mu besar untuk kami. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.