UPAH ORANG YANG SETIA MELAKUKAN BAGIANNYA

RHEMA HARI INI

Matius 25:21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Di dalam Perjanjian Lama diceritakan tentang Mefiboset, cucu Saul, anak Yonatan. Sejak usia lima tahun Mefiboset mengalami timpang kaki. Ia terjatuh saat dibawa inangnya melarikan diri kala terjadi kekacauan di istana. Bertahun-tahun Mefiboset hidup menderita dalam pelarian hingga akhirnya menumpang di rumah Makhir bin Amiel di Lodebar. Suatu hari Raja Daud teringat akan perjanjiannya dengan Yonatan. Daud berkenan mengembalikan seluruh harta milik Saul kepada cucunya, Mefiboset. Daud kemudian memberikan tugas kepada Ziba, hamba Saul, untuk mengerjakan tanah milik keluarga Saul supaya semua kerabat Saul selalu bisa hidup makmur sejahtera. Sejak saat itulah hidup Ziba dan Mefiboset berubah total, mereka bisa merasakan bagaimana nikmatnya hidup dalam perjanjian yang telah dibuat Daud dan Yonatan.

Dan di dalam Perjanjian Baru kita dapat menemukan perumpamaan tentang talenta. Tuhan Yesus menggambarkan tentang tanggung jawab melalui cerita seorang tuan yang hendak bepergian. Ia memberikan sejumlah talenta kepada setiap hambanya untuk dikelola sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Saat tuan itu kembali, ia dapat menilai mana hamba yang setia dan mana hamba yang tidak setia dari hasil yang mereka peroleh. Hamba yang setia dan taat melakukan bagiannya, menerima pujian dari tuannya dan diajak untuk turut dalam kebahagiaan bersama sang tuan.

Melalui kisah-kisah perjanjian di atas tadi kita belajar bahwa sebuah perjanjian itu harus dikerjakan oleh kedua belah pihak. Bukanlah suatu kebetulan jika Alkitab kita disebut sebagai kitab Perjanjian, karena memang itulah perjanjian Allah dengan kita. Allah tidak pernah ingkar untuk melakukan setiap janji yang sudah difirmankan-Nya karena perjanjian ini adalah inisiatif Allah. Sekarang tergantung bagaimana kita meresponi janji Allah ini. Adakah kita sudah melakukan bagian kita dengan baik dan setia? Alkitab mencatat bahwa orang-orang yang melakukan Perjanjian Berkat ini dengan setia dan tepat seperti yang Tuhan perintahkan, maka mereka bisa menikmati berkat di semua musim secara luar biasa.

RENUNGAN

Orang yang SETIA melakukan bagiannya dalam PERJANJIAN BERKAT akan mengalami BERKAT DI SEMUA MUSIM.

APLIKASI

1. Orang yang bagaimanakah yang akan mengalami Berkat di Semua Musim?
2. Bagaimana jika secara jujur Anda menilai diri Anda? Sudahkah Anda setia melakukan bagian Anda dalam Perjanjian Berkat?
3. Apa komitmen yang Anda buat supaya Anda bisa menikmati Berkat Semua Musim?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami mengucap syukur atas Perjanjian Berkat yang telah Engkau buat dengan setiap kami. Ajari dan tuntunlah kami agar kami menjadi orang-orang yang setia dalam menjalankan Perjanjian. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!