Virus Rohani Yang Berbahaya

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 25 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Ibrani 12:1-17

RHEMA HARI INI

Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Virus adalah organisme yang sangat kecil, jauh lebih kecil dari bakteri. Penyakit influenza, polio dan juga selesma, semua disebabkan oleh virus yang berbeda. Sekali masuk ke dalam sel tubuh manusia, virus dapat membunuh sel itu, atau “tidur” saja di situ hingga suatu saat bisa menjadi lebih aktif. Penyakit AIDS (Acquired Immude Deficiency Syndrome), disebabkan oleh virus yang diberi nama HIV (Human Immunodeficiency Virus), yaitu virus yang menghancurkan sistem kekebalan tubuh manusia. Ada dua jenis virus HIV. HIV pertama dijumpai di Amerika Serikat dan Eropa, dan HIV kedua banyak dijumpai Afrika. Kedua virus ini memang berbeda, tetapi cara kerjanya sama, yaitu membunuh sel-sel darah putih dalam tubuh manusia (limfosit T-4) yang merupakan benteng pertahanan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Sel-sel darah putih dilumpuhkan oleh HIV, sehingga tidak dapat berfungsi lagi. Dengan demikian infeksi yang seharusnya tidak berbahaya, bisa mendatangkan maut bagi penderita yang bersangkutan.

Cara kerja HIV sungguh sangat cerdik! Mula-mula virus HIV itu menempel pada permukaan sel-T tubuh manusia. Bagaimana sel-sel-T itu menerima virus HIV? HIV ternyata sangat cerdik menyamar, ia tidak langsung membuka kartunya bahwa ia virus yang mematikan. HIV menyamar sebagai keluarga protein di mana pada bagian luarnya ada gliko-protein yang tak asing bagi sel-T. Jadi, diterimalah si jahat HIV itu di lingkungan sel-T. Tetapi setelah diterima, tak lama kemudian tampaklah belangnya: HIV, virus ini mulai masuk dan menghancurkan sel-T tersebut, hingga tidak dapat berfungsi sama sekali!

Apabila kita perhatikan cara kerja virus HIV ini, kita lihat kesamaannya dengan cara kerja iblis dalam dua hal. Pertama, iblis seringkali menyamar bagaikan malaikat terang. Manusia yang akan dijadikan mangsanya itu tidak sadar akan tipuan iblis, sebab ia datang dengan “umpan-umpan yang manis.” Sekali manusia makan umpan itu, ia akan terjerat dan akhirnya hidupnya hancur. Kedua, masa inkubasi HIV cukup lama: mulai dari HIV masuk sampai menjadi penyakit AIDS yang mengerikan membutuhkan waktu 5 sampai 10 tahun! Hal ini juga yang membuat manusia sering kali acuh tak acuh apabila diberi peringatan tentang bahaya dosa. Manusia terus berbuat dosa dengan pikiran tidak akan terjadi penuaian dari akibat dosanya.

Hari ini, coba selidiki hidup kita masing-masing. Kalau masih ada terselip virus dosa yang menyelinap dalam hidup kita, segera buanglah jauh-jauh. Jangan ijinkan ada sedikit saja dosa sekecil apapun bercokol dalam hidup kita, supaya pertumbuhan rohani kita tidak terhambat, dan kita bisa mengalami hidup yang penuh kemerdekaan serta kemenangan di dalam Tuhan.

RENUNGAN

Buang dosa, sebab itu akan menjadi VIRUS DAN BAKTERI yang menghambat pertumbuhan rohani kita.

APLIKASI

  1. Selidiki hidup Anda, virus dosa apa yang masih ada dalam hidup Anda?
  2. Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk membuang virus dosa itu dari hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Ya Tuhan, tolong kami untuk membuang semua virus dosa yang bisa menghambat pertumbuhan iman kami di dalam Engkau. Kami percaya oleh kekuatan kuasa Roh Kudus-MU kami mampu menyucikan hidup kami sehingga kami boleh berkenan di hadapan-MU. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 10