VISI HEBAT + PERJUANGAN HEBAT = KEMULIAAN TUHAN DINYATAKAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Tawarikh 1-3
Yohanes 10:1-23

BACAAN HARI INI
Yakobus 2:14-26

RHEMA HARI INI
Yakobus 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Bangsa Israel adalah bangsa yang dianugerahi sebuah visi besar oleh Tuhan. Mereka dijanjikan tanah yang subur dengan susu dan madu yang melimpah, Tanah Kanaan. Dengan memegang janji itulah, mereka melangkah keluar dari Tanah Mesir dan berjalan empat puluh tahun di padang gurun. Ketika waktunya tiba mereka melangkah masuk ke Tanah Kanaan, TUHAN TIDAK BEGITU SAJA MEMBERIKAN TANAH KANAAN ITU. MEREKA HARUS BERPERANG MEREBUTNYA dari bangsa-bangsa kuat yang sudah terlebih dahulu tinggal di sana. Lalu, di bawah pimpinan Yosua, Tuhan menuntun mereka dengan strategi-strategi dan langkah-langkah yang harus mereka lakukan. Bagaimana cara mengalahkan Yerikho, strategi apa yang dipakai untuk mengalahkan Ai, dan seterusnya. Saat Israel taat mengayunkan pedang, mengusahakan visi itu terjadi, dan bertindak dengan sekuat tenaga, mereka mengalami kemenangan demi kemenangan.

Tidak jarang Isreal mengalami situasi yang sulit saat mereka harus memberikan ekstra perjuangan. Bahkan pernah mengalami kekalahan saat menghadapi Ai. Pernah juga terdesak saat menghadapi peperangan di Gibeon. Namun semua itu tetap harus dilakukan. Ajaibnya, ketika mereka berjuang, TUHAN TIDAK TINGGAL DIAM. Bahkan kemenangan selalu mereka dapatkan karena ada kuasa Tuhan yang mem-backup.

Seperti itu jugalah yang Tuhan kehendaki bagi kita semua. Tahun 2020 adalah tahun kemuliaan Tuhan. Kita masih mengingat bagaimana sukacita dan antusiasnya ketika janji itu diberikan. Ada banyak visi Tuhan nyatakan bagi setiap kita. Namun satu hal yang harus kita sadari, iman keyakinan kita bahwa Tuhan pasti menggenapi janji-Nya tidaklah cukup. Tuhan mau kita bertindak dan berjuang mengerjakan visi itu supaya terjadi. Tuhan ingin tangan kita terlatih, kemampuan kita berkembang, dan mentalitas kita semakin didewasakan. Karena itu, mari kita bertindak. Visi dan rencana yang hebat dari Tuhan akan menjadi sia-sia tanpa perjuangan yang hebat dari kita. Jangan takut dengan tantangan. Prcayalah, Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk next level dan hendak menyatakan kemuliaan-Nya yang lebih terang lagi atas hidup kita. Haleluya!

RENUNGAN
RENCANA HEBAT harus DIIKUTI dengan ACTION YANG HEBAT pula.

APLIKASI
1. Rencana hebat apa yang sudah Anda susun untuk menghadapi tahun yang baru nanti?
2. Menurut Anda, hal-hal apakah yang akan bisa membuat visi dan rencana Anda bisa digenapi?
3. Adakah bagian Anda di dalamnya untuk mengusahakannya? Jelaskan apa yang akan terjadi menurut Anda jika Anda tidak melakukan bagian Anda?!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terimakasih atas janji-janji-Mu yang besar dalam hidup kami. Kami tidak pernah ragu bahwa Engkau sanggup menggenapinya bagi kami. Tapi kami tahu, ya Tuhan, bahwa kami harus berjuang dan bertindak semaksimal mungkin supaya janji-Mu sungguh nyata bagi kami. Berikan kami kekuatan, hikmat dan tuntunan-Mu selalu supaya kami tidak menyerah dalam memperjuangkan janjijanji itu jadi Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”