08 Desember 2015 – Yang Penting Semangat

BACAAN HARI INI

Pengkhotbah 9:1-12

RHEMA HARI INI

Pengkhotbah 9:10 Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Ada kesan mendalam tentang apa yang terjadi pada pesta Olimpiade 1976 di Montreal. Tim senam pria dari Jepang harus berjuang untuk mendapatkan medali di hari terakhir. Salah seorang dari pesenam itu mengalami patah kaki dalam salah satu penampilannya dan rasanya tak mungkin melanjutkan pertandingannya lagi. Namun yang luar biasa adalah pesenam yang kakinya patah itu tetap semangat dan berjuang untuk menyelesaikan pertandingannya sampai tuntas. Meski kakinya patah, pesenam ini tetap naik ke cincin-cincin dan menyuguhkan penampilan yang luar biasa. Titik klimaksnya adalah ketika ia terlihat memendam rasa sakit yang amat sangat ketika harus salto setinggi 3 meter dan meluncur ke bawah dengan kaki patah untuk menyelesaikan penampilannya.

Semangat juang yang perlu kita tiru! Tidak akan pernah ada keberhasilan tanpa sebuah perjuangan. Mengapa kita tak juga meraih keberhasilan? Jawabannya bukan terletak pada kurangnya keahlian. Sebenarnya kita cukup pintar, cukup hebat, cukup berbakat dan memiliki potensi yang luar biasa. Hanya sayang, kita tidak cukup memiliki semangat juang. Otak kita hebat, tapi mental kita payah. Penampilan kita besar, tapi nyali kita kecil. Kalau tak punya jiwa besar dan semangat juang yang tinggi, tak perlu heran kalau kita gampang putus asa ketika mengalami masalah dan kesulitan di dalam hidup. Satu kali gagal cukup membuat kita keok. Satu kerugian kecil cukup membuat kita mundur.

Jika hari ini Anda terpuruk dalam kegagalan dan keputusasaan, Anda harus bangkit dan berjuang kembali. Jangan menyerah ketika jalan kita buntu. Jika kita cukup memiliki semangat maka kita akan melanjutkan untuk menyusuri setapak demi setapak dan segera menemukan pintu yang terbuka. Satu-satunya alasan mengapa kita menjadi orang Kristen yang memiliki semangat juang tinggi adalah karena ada Yesus dan kuasa Roh Kudus di dalam hati kita. Jika kita selalu menyerah, bukankah itu sama saja Yesus dan Kuasa Roh Kudus yang ada di dalam kita seakan terlihat begitu rapuh? Seorang juara bukanlah mereka yang tidak pernah gagal, melainkan, mereka tidak pernah menyerah kalah.

RENUNGAN

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan SEMANGAT DAN ROH YANG MENYALA-NYALA pasti akan berhasil!

APLIKASI

Dalam hal apa Anda harus mengerjakan dengan sekuat tenaga dan penuh semangat?

DOA UNTUK HARI INI

Engkaulah kekuatan dan sukacita kami. Dalam segala apapun yang kami kerjakan, kami rindu mengerjakannya dengan segenap hati dan kekuatan kami. Kami rindu senantiasa mempersembahkan yang terbaik bagi-MU. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Tawarikh 7-10