Yesus Kristus Sumber Sukacita

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 19 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Habakuk 3:1-19

RHEMA HARI INI

Habakuk 3:17-18 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

Dora memiliki seorang teman sekolah bernama Dita. Kebetulan mereka juga bertetangga dekat. Dora sering memperhatikan kehidupan Dita. Dita selalu tersenyum dan ramah kepada siapa saja. Padahal ia bukannya tanpa masalah. Orangtuanya seringkali bertengkar, dan biasanya suara pertengkaran itu terdengar sampai ke rumah tetangga. Ayahnya masih berjuang untuk mendapat pekerjaan tetap. Dita juga kerap menunggak uang sekolah. Bahkan untuk membantu keuangan keluarganya, ia berjualan kue di sekolah, dan menjadi agen kosmetik. Ajaibnya, Dita tetap berprestasi di sekolah. Setiap pembagian rapor sekolah, ia pasti menduduki peringkat tiga besar kelas, bahkan tiga besar sekolah. Selain itu, ia juga selalu mengikuti kegiatan di sekolah dengan antusias. Suatu hari Dora bertanya kepada Dita, kenapa ia tampak tidak terpengaruh dengan segala masalah yang terjadi di hidupnya. Dita berkata bahwa ia mengarahkan pandangannya hanya pada Tuhan Yesus dan kebaikan-Nya dalam hidupnya. Ia bahagia karena bisa bangun tiap pagi dalam keadaan sehat dan membantu keluarganya. Ia dapat menghirup udara segar di pagi hari ketika mengayuh sepedanya ke sekolah. Ia juga bisa melihat indahnya bunga-bunga liar di lapangan dekat rumahnya. Dita merasa Tuhan Yesus begitu baik karena telah memberinya kesempatan menikmati karya-Nya yang indah dan luar biasa.

Selama kita masih hidup di dunia ini, masalah pasti ada. Namun kebahagiaan kita tidak ditentukan oleh masalah kita. Kebahagiaan dan sukacita kita bersumber dari Yesus Kristus. Kita bisa memilih untuk menjadi orang yang merasa paling sengsara di dunia karena masalah kita, atau sebaliknya menjadi orang paling bahagia di dunia karena melihat kebaikan Tuhan dalam hidup kita dan menyaksikan kebesaran Tuhan dalam setiap ciptaan-Nya. Setiap kali Anda merasa sangat sengsara, ingatlah bahwa Tuhan Yesus sudah mengambil kesengsaraan Anda dan menggantinya dengan keselamatan dan kehidupan untuk Anda. Ketahuilah, setiap detik hidup Anda adalah favor Tuhan. Arahkan pandangan Anda kepada-Nya, dan bersukacitalah. Sekali lagi bersukacitalah!

 

RENUNGAN

Sekalipun masalah datang silih berganti, belajarlah untuk MENIKMATI HIDUP dan BERSUKARIA DI DALAM TUHAN

APLIKASI

  1. Masalah apa yang terasa paling berat bagi Anda? Sudahkah Anda menyerahkan masalah tersebut ke kaki Tuhan Yesus?
  2. Hal apakah yang paling Anda nikmati dan syukuri dalam hidup Anda?
  3. Bagaimanakah Anda bisa mulai belajar menikmati hidup Anda setiap saatnya?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus yang teramat baik, kami bersyukur atas nafas kehidupan dan semua berkat yang Engkau berikan untuk kami. Ajarlah kami untuk lebih mampu melihat betapa indah dan ajaibnya karya-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Raja-raja 9
2 Tawarikh 8