KETAATAN PENUH [RAKA JOYFUL]

02 Maret 2023 admin
[vc_row][vc_column width="2/3"][vc_column_text]

Bacaan: Lukas 23:33-49

 

Rhema: Yakobus 1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.

Sahabat Fligo, bicara tentang ketaatan penuh artinya ketaatan jenis apapun yang terjadi, sekalipun berat tapi tetap memilih TAAT, atau bisa juga disebut sebagai ketaatan yang sempurna, ini termasuk jenis ketaatan dilevel paling tinggi Sahabat Fligo. Kita belajar dari satu tokoh Alkitab terbaik sepanjang masa yaitu Tuhan Yesus.

Kisah Tuhan Yesus disalibkan untuk menebus dosa kita, merupakan contoh ketaatan yang sempurna. Ingat, sekalipun Ia 100% Allah namun juga 100% manusia ketika turun ke dunia. Jadi Tuhan Yesus bisa merasakan sakit yang sama seperti kita juga lho Sahabat Fligo. Jadi bisa kebayangkan gimana perasaan Tuhan Yesus pada saat akan disalibkan?

Belajar tentang ketaatan penuh, salah satunya mendoakan orang yang sakit.

Yakobus 5:15: “Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.” Jadi, yuk sekarang kita belajar , jika ada teman-teman , keluarga atau orang sekitar Sahabat Fligo yang sedang sakit, kita berdoa bagi mereka. Kita mau belajar menjadi anak-anak yang taat pada firman Tuhan. Doa Sahabat Fligo sangat berarti bagi mereka dan jadi berkat bagi mereka yang sakit. Siap ya dipakai Tuhan? Kalau begitu, sama-sama kita katakan “AKU MAU MENJADI ANAK TUHAN YANG TAAT”. (V)

 

 

Doa hari ini: Tuhan Yesus, mulai hari ini aku mau belajar untuk menjadi anak Tuhan yang taat. Tidak sekedar taat namun memiliki ketaatan yang sempurna. Haleluya. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 22

Pertanyaan hari ini:

  1. Apakah Sahabat Fligo sudah menjadi anak yang taat?
  2. Apakah Sahabat Fligo pernah berdoa bagi orang yang sakit?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:
[/vc_column_text][vc_empty_space height="20px"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="55780" img_size="full" alignment="center"][vc_btn title="Download PDF Aktivitas" shape="square" color="warning" align="center" i_icon_fontawesome="" button_block="true" add_icon="true" link="url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful02maret2023.pdf|||"][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width="1/3"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="46869" img_size="full" alignment="center"][/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]

Baca Artikel  

KETAATAN MENDATANGKAN KEBAIKAN [RAKA JOYFUL]

01 Maret 2023 admin
[vc_row][vc_column width="2/3"][vc_column_text]

Bacaan: Kejadian 6 : 9-22

Rhema: Amsal 13 : 13

Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

 

Shalom Sahabat Fligo! Hari ini kita akan belajar firman Tuhan tentang ketaatan Nuh terhadap perintah Tuhan. Yang diambil dari kitab Kejadian 6 : 22, “Lalu Nuh melakukan semuanya itu ; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.”

Sahabat Fligo, pada zaman Nuh, hampir seluruh manusia hidup dalam dosa sehingga membuat Allah kecewa. Dalam ayat 7, Tuhan berkata bahwa ia akan menghapuskan manusia dari muka bumi namun terdapat satu pribadi yang berkenan di hadapan Tuhan yaitu Nuh. Di ayat 8, Tuhan berkata bahwa Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan.

Sahabat Fligo, 2 hal utama yang membuat Nuh berkenan di hadapan Allah ialah Nuh membangun hubungan yang dekat dengan Tuhan (ayat 9). Nuh senantiasa mengikuti kehendak Tuhan dan menjalin komunikasi yang baik dengan Tuhan. Kedua, pada saat Tuhan memberitahukan rencananya kepada Nuh dan menyuruh Nuh untuk membuat bahtera dari kayu gofir. Nuh dengan taat melakukan kehendak Tuhan. Sekalipun sulit dan mustahil untuk dilakukan, namun Nuh rela berkorban dan melakukan yang terbaik bagi Tuhan (ayat 22).

Jadi Sahabat Fligo, tetaplah percaya dan taat pada rencana Tuhan karena Tuhan memiliki rencana indah untuk kita semua namun terkadang kita perlu menghadapi keadaan yang sulit untuk melihat rencana indah tersebut. (JC)

 

Doa hari ini: Tuhan, kami mau selalu taat dan dengar-dengaran akan perintah-Mu. Jamah hati kami agar kami dapat selalu tekun membangun hubungan yang dekat dengan-Mu. Terima kasih Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 21

Pertanyaan hari ini:

  1. Sebutkan 2 faktor utama Nuh berkenan di hadapan Tuhan!
  2. Mengapa Allah kecewa sampai ingin menghapuskan manusia dari muka bumi?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:
[/vc_column_text][vc_empty_space height="20px"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="55779" img_size="full" alignment="center"][vc_btn title="Download PDF Aktivitas" shape="square" color="warning" align="center" i_icon_fontawesome="" button_block="true" add_icon="true" link="url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful01maret2023.pdf|||"][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width="1/3"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="46869" img_size="full" alignment="center"][/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]

Baca Artikel  

TEKUN SELALU [RAKA JOYFUL]

28 Februari 2023 admin
[vc_row][vc_column width="2/3"][vc_column_text]

Bacaan: Kejadian 6:9-22

 

Rhema: Kejadian 6:22 Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.

Shalom Sahabat Fligo! Setelah Nuh menerima Firman dari Tuhan bahwa Tuhan akan melenyapkan seluruh isi bumi dan Nuh mendapat perkenanan Tuhan untuk selamat dengan cara membuat sebuah bahtera yang besar dan kokoh, Nuh tidak menunda-nunda ataupun bermalas-malasan. Ia segara mulai membuat bahtera tersebut sesuai dengan apa yang diinstruksikan Tuhan melalui firman-Nya.

Tahukah Sahabat Fligo, bahwa pada zaman itu bahkan kapal besar aja belum ada (belum tercipta). Paling-paling hanya ada rakit ataupun sampan sederhana yang digunakan orang untuk menyeberang danau/sungai. Tapi Nuh diminta Tuhan membuat bahtera yang sangat besar, yang bisa menampung berbagai jenis binantang di dunia ini. Wooowww! Gimana ya itu? Disuruh membuat sesuatu yang belum pernah ada di dunia ini! Pasti suit sekali ya Sahabat.

Tapi Nuh tidak menyerah, Nuh terus tekun mengerjakan apa yang Tuhan perintahkan kepadanya. Bahkan mungkin ada saat di mana orang-orang di sekitar Nuh menganggap dia aneh! Buang-buang uang untuk membeli kayu yang super banyak dan mau membuat bahtera yang super besar. "Buat apa Nuh? Dasar orang aneh!" kata orang-orang di jaman itu kepada Nuh, saat melihatnya sedang bekerja. Tapi sekai lagi Nuh tetap tekun dan setia mengerjakannya. Sampai ketika air bah itupun tiba, barulah semua orang berhenti menertawakannya dan mereka mengerti hanya Nuh dan keluarganya yang akan selamat. (CRF)

Doa hari ini:

Tuhan, kami mau belajar taat dan tekun seperti Nuh. Terus melekat pada-Mu dan menyenangkan hati-Mu. Dalam nama Yesus, kami berdoa. Haleluya. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 20

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa respon Nuh, ketika mendapat perintah dari Tuhan?
  2. Apa yang Tuhan minta untuk Nuh lakukan?
  3. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

 

[/vc_column_text][vc_empty_space height="20px"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="55778" img_size="full" alignment="center"][vc_btn title="Download PDF Aktivitas" shape="square" color="warning" align="center" i_icon_fontawesome="" button_block="true" add_icon="true" link="url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful28februari2023.pdf|||"][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width="1/3"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="46869" img_size="full" alignment="center"][/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]

Baca Artikel  

KETIKA DISURUH [RAKA JOYFUL]

27 Februari 2023 admin
[vc_row][vc_column width="2/3"][vc_column_text]

Bacaan: Kejadian 6: 1-18

 

Rhema: Yehezkiel 36:26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

 

“Hai anak-Ku, maukah kau melakukan sesuatu untuk-Ku?”, ujar Bapa pada anak-Nya. Si anak terdiam lalu mengangguk tanda setuju. Bapa kemudian menyampaikan apa yang harus dilakukan oleh si anak. Beberapa kali nada suara Bapa terdengar meninggi, namun ada kesedihan dalam suaranya. Sampai pada akhirnya Bapa menyudahi obrolan mereka, “Aku tahu ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tapi Aku, sebagai Bapamu tidak akan sekalipun meninggalkanmu. Percayalah!”

Sebagai anak yang taat, ia langsung mengerjakan apa yang Bapa perintahkan, yaitu membuat sebuah kapal yang sangat besar. Orang mencemooh mereka karena itu tidak masuk akal. Sebab belum pernah ada yang membuat kapal sebesar itu, meski demikian ia tetap taat mengerjakan apa yang Bapa perintahkan. Sampai pada akhirnya kapal itu jadi dan disebut sebagai bahtera.

Sahabat, orang itu adalah Nuh. Ia diperintahkan Allah untuk mengerjakan sesuatu yang tidak lazim atau tidak pada umumnya. Tapi hebatnya ia tetap setia dan taat pada perintah Allah. Itu juga yang Allah mau dari kita, tetap taat melakukan apa yang diperintahkan-Nya meski itu bukanlah hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Misalnya mengampuni musuh kita, tidak membalas teman yang berbuat jahat pada kita bahkan berani untuk menyaksikan kebaikan Tuhan.  Apapun itu, mari kita sama-sama berjuang untuk senantiasa taat pada perintah-Nya dan melakukannya sebaik mungkin. (R2TAN)

 

Doa hari ini: Bapa, ajar kami untuk menjadi anak-anak yang taat pada perintah-Mu. Bahkan mampukan kami melakukan perkara yang besar. Karena kami percaya bahwa Engkau Allah yang selalu menolong dan memberikan kekuatan bagi kami. Amin. 

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 19

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Mengapa Allah menyuruh Nuh membuat bahtera?
  2. Berapa ukuran bahtera yang harus dibuat oleh Nuh?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

 

[/vc_column_text][vc_empty_space height="20px"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="55777" img_size="full" alignment="center"][vc_btn title="Download PDF Aktivitas" shape="square" color="warning" align="center" i_icon_fontawesome="" button_block="true" add_icon="true" link="url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful27februari2023.pdf|||"][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width="1/3"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="46869" img_size="full" alignment="center"][/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]

Baca Artikel  

KELOMPOK SEL [RAKA JOYFUL]

26 Februari 2023 admin
[vc_row][vc_column width="2/3"][vc_column_text]

Bacaan: Markus 3:13-19

 

Rhema: Ibrani 10:25

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”

 

Shalom Sahabat Fligo! Minggu ini kita sudah banyak belajar untuk menomorsatukan Tuhan lebih dari apapun dengan cara beribadah secara maksimal kepada Tuhan. Cara yang tak kalah penting untuk beribadah kepada Tuhan adalah dengan mengikuti kelompok sel. Kita bisa belajar dari Tuhan Yesus dalam pelayanan-Nya, Ia tidak hanya mengajar dan melayani di bait Allah, tetapi Ia juga membentuk kelompok kecil yaitu memuridkan 12 orang, serta melayani di rumah-rumah (Kelompok sel).

Kelompok sel atau komsel adalah cara Tuhan yang diajarkan pada kita agar umat-Nya bisa digembalakan dengan baik, karena dengan membentuk kelompok yang lebih kecil, rohani kita menjadi lebih diperhatikan dan dirawat satu per satu. Di komsel kita akan mengaplikasikan firman Tuhan yang kita dapat pada saat ibadah di gereja sehingga iman dan roh kita dapat terpelihara dengan baik.

Tujuan lain dari komsel adalah untuk mendapat keluarga rohani. Setiap orang pasti membutuhkan keluarga. Sebab keluarga adalah orang-orang yang akan menjaga, memelihara dan melindungi kita. Ketika kita membutuhkan seseorang atau saat kita sedang dalam keadaan lemah, maka keluarga yang akan membantu kita untuk tetap kuat. Dengan bergabung dalam komsel, kita akan mendapatkan keluarga baru yang akan menjadi orang-orang terdekat kita dalam banyak hal yang kita lakukan. Yuk bergabung dalam komsel! (YOL)

 

Doa hari ini: Tuhan Yesus, terima kasih atas berkat-Mu hari ini. Tuhan, aku mau jadi anak yang selalu menomorsatukan Tuhan dalam setiap kehidupanku. Beri aku hikmat dan pimpinlah aku untuk berjalan bersama-Mu setiap waktu. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 18

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Mengapa kita perlu mengikuti komsel?
  2. Apa tujuan dari komsel?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:
[/vc_column_text][vc_empty_space height="20px"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="55628" img_size="full" alignment="center"][vc_btn title="Download PDF Aktivitas" shape="square" color="warning" align="center" i_icon_fontawesome="" button_block="true" add_icon="true" link="url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful26februari2023.pdf|||"][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width="1/3"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="46869" img_size="full" alignment="center"][/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]

Baca Artikel  

COME TO ME! [RAKA JOYFUL]

25 Februari 2023 admin
[vc_row][vc_column width="2/3"][vc_column_text]

Bacaan: Mazmur 26: 1-8

Rhema: Mazmur 26:8

TUHAN, aku cinta pada rumah kediaman-Mu dan pada tempat kemuliaan-Mu bersemayam.

 

Ngomong-ngomong soal beribadah kepada Tuhan, beribadah itu apa sih, kalau menurutmu, Sahabat? Datang ibadah Minggu? Hayooo, masih bersemangat ke gereja gak nih? Dalam firman Tuhan hari ini, kita mau belajar satu hal, bahwa beribadah itu sederhananya ya datang kepada Tuhan. Jadi, kita beribadah kepada Tuhan nggak hanya di hari Minggu aja. Di dalam keseharian kita, kita tetap bisa beribadah kepada Tuhan lewat saat teduh pribadi atau bareng-bareng keluarga.        Bahkan Alkitab mencatat loh, bahwa Tuhan itu mau dekat-dekat sama anak-anak-Nya. Sampai-sampai di kitab Matius, Tuhan Yesus mengajak tiap orang yang lagi kesusahan untuk menghampiri Dia. Sahabat ingat siapa aja tokoh Alkitab yang hobinya ibadah? Yap, ada raja Daud, Daniel, nabi Samuel, Esther dan banyak lagi. Kita tahu ceritanya, mereka selalu apa-apa datang ke Tuhan dulu, dannnn... Banyak perkara yang dimenangkan Tuhan dalam hidup mereka sampai menjadi kesaksian!     Meskipun tidak bisa dipungkiri sebagai manusia kita kadang-kadang bisa malas, mager dan tidak mau datang sama Tuhan. Biar hari ini kita ingat lagi, kita perlu Tuhan dan hadirat-Nya! Yuk hampiri Tuhan Yesus, Dia tungguin kita loh! (SIS)

 

Doa hari ini: Tuhan Yesus, tolong kami untuk datang dalam hadirat-Mu dalam keseharian kami. Roh Kudus pimpin kami. Terima kasih Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 17

Pertanyaan hari ini:

  1. Di luar hari Minggu, gimana cara Sahabat beribadah kepada Tuhan?
  2. Apa sih yang bikin Sahabat menolak datang kepada Tuhan?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:
[/vc_column_text][vc_empty_space height="20px"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="55627" img_size="full" alignment="center"][vc_btn title="Download PDF Aktivitas" shape="square" color="warning" align="center" i_icon_fontawesome="" button_block="true" add_icon="true" link="url:http%3A%2F%2Ffiles.gbika.org%2FRAKA%2Fjoyful%2Frakajoyful25februari2023.pdf|||"][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width="1/3"][/vc_column][vc_column width="1/3"][vc_single_image image="46869" img_size="full" alignment="center"][/vc_column][vc_column width="1/3"][/vc_column][/vc_row]

Baca Artikel